nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menparekraf Wishnutama Minta Content Creator Ikut Edukasi Masyarakat dalam Tangani Virus Corona

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 18:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 23 406 2187802 menparekraf-wishnutama-minta-content-creator-ikut-edukasi-masyarakat-dalam-tangani-virus-corona-nmABFWbrFc.jpg Menparekraf Wishnutama (Foto : Kemenparekraf/Youtube)

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh penyebaran wabah virus corona dan penyakit Covid-19. Meskipun demikian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menegaskan bahwa prioritas utamanya saat ini adalah membantu pemerintah menangani wabah tersebut.

"Kami menyadari betul dampak Covid-19 bagi para pekerja dan masyarakat. Saat ini kita tidak hanya bicara mengenai kondisi ekonomi, namun yg terpenting menjaga kesehatan dan keselamatan setiap individu masyarakat indonesia," terang Wishnutama dalam konferensi pers di channel YouTube resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (23/3/2020).

Tama pun mengimbau agar masyarakat Indonesia turut serta mempromosikan social distancing dan mendengarkan imbauan Presiden Joko Widodo untuk beraktivitas di rumah saja.

Menparekraf Wishnutama

Dalam hal ini, pihaknya telah meminta para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk saling membantu dan mengingatkan masyarakat luas akan bahaya dari penyebaran virus corona serta penyakit Covid-19.

"Khusus untuk para pelaku ekonomi kreatif seperti televisi, film, rumah produksi, content creator, radio, animasi, desain grafis, artis seniman, juga berbagai komunitas dan jejaring kreatif di berbagai daerah. Saya mohon untuk terlibat aktif dalam membantu pemerintah untuk menghibur mayarakat dalam menghadapi covid-19," ungkapnya.

Tama juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada para pelaku indutri kreatif yang telah membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat.

Pasalnya, hingga saat ini dia mengakui masih melihat banyak lapisan masyarakan yang belum menjalankan arahan dan imbauan pemerintah.

"Saya juga ingin mengingatkan kembali agar pesan bapak presiden belajar di rumah, bekerja di rumah, ibadah di rumah betula-betul dijalankan sebaik mungkin. Jika pun harus keluar agar dapat menjaga jarak minimal 1 meter, hindari keramaian, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun paling tidak minimum 20 detik, dan menjaga imunitas serta kesehatan," tegasnya.

Selain itu, untuk masyarakat yang sudah berusia lanjut, dan memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung agar lebih ekstra hati-hati. Bahkan, jika perlu lebih menjaga jarak terhadap orang lain secara ekstra karena mereka berisiko jauh lebih tinggi.

"Sekali lagi pemerintah serius menangani wabah Covid-19 ini. Maka dari itu, mari kita ikuti arahan pemerintah dan gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 dalam menghadapi pandemi ini," tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini