Penyakit Autoimun, Bikin Andrea Dian Mudah Terinfeksi Corona COVID-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 08:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 23 481 2187463 penyakit-autoimun-bikin-andrea-dian-mudah-terinfeksi-corona-covid-19-YfFnMI4DSt.jpg Andrea Dian. (Foto: Instagram/@andreadianbimo)

SAAT memberi tahu kepada publik saat dirinya positif COVID-19, Andrea Dian juga memberi tahu dia juga punya riwayat penyakit autoimun. Lantas benarkan orang-orang dengan penyakit autoimun mudah tertular virus corona COVID-19 ya?

Menurut Public Health England, virus corona COVID-19 dapat mengancam jiwa orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, juga mereka yang memiliki penyakit kronis. Contohnya orang dengan penyakit jantung, diabetes, kanker, penyakit paru-paru, dan tekanan darah tinggi.

andrea dian

Bahkan orang-orang dalam kondisi memiliki riwayat penyakit tersebut tak sedikit nyawanya terancam saat virus corona menginfeksi tubuhnya. Belum lagi dengan lansia atau orang-orang di atas 60 tahun dan wanita hamil, disebutkan mudah terinfeksi COVID-19.

Sementara itu, layanan kesehatan Irlandia menambahkan, selain orang dnegan riwayat penyakit tidak menular yang mudah terinfeksi virus corona COVID-19, pasien HIV, orang yang pernah mengalami sumsum tulang atau transplantasi organ, penderita asma, juga pengidap penyakit autoimun apapun juga rentan tertular virus corona.

Dilansir Okezone dari Internationalbussinestime, penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, systemic lupus erythematosus, penyakit Addison, penyakit celiac, multiple sclerosis, anemia pernicious, dan psoriasis, meningkatkan risiko berkembangnya komplikasi serius yang mematikan akibat infeksi virus corona. Juga dengan penyakit autoimun lain yang termasuk dalam daftar adalah tiroiditis Hashimoto, autoimun vasculitis, diabetes tipe 1, penyakit Graves, miastenia gravis, penyakit radang usus, dan sindrom Sjogren.

Penderita autoimun seperti Andrea Dian, dikatakan bahwa tubuhnya cenderung memiliki imunitas buruk. Sel-sel tubuhnya mudah terinfeksi virus atau bakteri apapun, termasuk pada kasus infeksi COVID-10.

Pengidap autoimon bisa disebut memiliki kelainan sel yang dapat melepaskan autoantibodi. Kemudian menyerang sel-sel sehat. Inilah sebabnya mengapa pasien dengan penyakit autoimun beresiko lebih tinggi terinfeksi virus corona dan mengembangkan komplikasi yang lebih serius.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini