Wajah Kurang Bercahaya, Tandanya Kamu Alami Penuaan Dini

Restu Prihargayu, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 611 2187739 wajah-kurang-bercahaya-tandanya-kamu-alami-penuaan-dini-K7I06O9cgM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TANDA penuaan dini tak hanya sekadar muncul kerutan di kulit. Namun juga ada hal lain yang harus Anda ketahui.

Pada umumnya manusia akan mengalami penuaan di atas 40 tahun. Seiring gaya hidup, ada beberapa orang yang mengalami penuaan dini.

Lantas apa saja tanda penuaan dini lainnya selain muncul kerutan di kulit? Dilansir Okezone dari Readersdigest, berikut ulasan selengkapnya.

Kulit wajah terlihat kusam

penuaan

Menurut penelitian, penampilan yang kusam kebanyakan dapat disebabkan oleh gula. "Gula berdampak pada kulitmu melalui berbagai jalur dalam tubuh, seperti insulin dan peradangan," kata dokter kulit, Dr Whitney Bowe.

Namun kamu bisa mencoba untuk disiplin dengan mulai mengurangi jumlahnya secara perlahan. Terutama mengurangi makanan dengan gula buatan tambahan seperti camilan dan minuman ringan.

Kulit wajah terlihat kurang bercahaya

Karena kecepatan sel meremajakan melambat, wajah juga jadi tak bercahaya dan membuat wajah terlihat kurang awet muda. Untuk mempertahankan kulit sehat bercahaya, Dokter Bowe menyarankan retinol yang dijual bebas. "Retinoid banyak diteliti dan terbukti meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda," katanya.

Mengonsumsi Retinoid berbasis vitamin menormalkan pergantian sel, proses yang melambat seiring bertambahnya usia dan untuk mendapatkan kulit yang jernih, halus, bercahaya, merata, dan sehat.

Pipi terlihat kendur

Jika kamu merasa sudah mulai memiliki pipi kendur, itu mungkin karena kehilangan lemak di bawah kulit wajah.

Kulit wajah yang mengendur bisa terjadi saat kamu kehilangan berat badan atau sebagai tanda penuaan. Banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit, baik itu secara medis atau dengan melakukan perawatan sendiri. Salah satu cara berikut mungkin bisa kamu lakukan auntuk menghilangkan kulit wajah kendur, yaitu dengan senam wajah

Sebuah penelitian baru-baru ini dari Northwestern menunjukkan program latihan wajah membuat pipi wanita paruh baya tampak lebih penuh dan lebih muda.

Kulit terlihat tipis

Meskipun kamu belum berusia lanjut, kulit yang menua sebelum waktunya mungkin mulai terlihat setipis orang tua.

Dua hal yang berkontribusi pada tekstur rapuh yang berkembang di kulit. “Pertama, kadar kalsium, yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang, dan matang. Kedua, pH kulit naik," ucap Dokter Bowe.

Dr Bowe menyarankan menggunakan serum dengan asam amino kalsium dan peptida. Juga, sesuaikan pH Anda menggunakan pelembab dengan probiotik. "Probiotik mengembalikan aktivitas enzim lebih dekat ke kulit muda dan sehat," katanya.

Kulit yang terlalu kasar

Kulit yang mengeras dapat terjadi setelah terlalu lama dalam kondisi kering. “Ketika kulit menjadi kering atau meradang, ia mencoba melindungi dirinya sendiri dengan menumpuk pada lapisan ekstra sel kulit mati,” kata Dokter Bowe.

"Lapisan kulit terluar, yang disebut stratum corneum, menjadi lebih tebal dan itu membuat kulit terasa kasar," tuturnya.

Kulit wajah yang kasar membuat penderitanya sulit mengaplikasikan makeup secara maksimal. Ada berbagai macam penyebab kulit wajah kasar, seperti sering terpapar polusi dan debu yang mengakibatkan kulit kering sehingga mengelupas dan kasar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini