Tanda Penuaan Dini di Usia Muda, Bukan Cuma Kulit Berkerut

Restu Prihargayu, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 611 2187872 tanda-penuaan-dini-di-usia-muda-bukan-cuma-kulit-berkerut-o0hUHcHSNY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENUAAN kulit sangat wajar terjadi seiring bertambahnya usia. Namun ada saja sebagian orang yang mengalami penuaan dini di usia muda.

Selain kerutan di wajah, ada juga tanda lain yang menunjukkan bahwa Anda mengalami penuaan dini. Apa saja ya?

Dilansir Okezone dari Readersdigest, berikut tanda-tanda penuaan dini yang harus Anda waspadai. Jangan panik menghadapinya ya!

Muncul benjolan kecil di wajah

penuaan

Ini adalah salah satu kondisi kulit yang terlihat seperti jerawat tetapi tidak. Benjolan kecil berwarna putih atau daging yang disebut milia disebabkan oleh penumpukan dari kerusakan akibat sinar matahari atau produk wajah yang keras.

"Milia adalah kista kecil yang diisi dengan protein yang disebut keratin, dan terbentuk sebagai akibat dari ketidakmampuan kulit terlokalisasi untuk terkelupas secara alami," kata dokter kulit, Dr Whitney Bowe.

Untuk mengatasi milia, cari produk yang mempromosikan pengelupasan kulit yang lembut dan pergantian sel. Yang mengandung bahan asam glikolat atau retinol. Juga, ingatlah untuk menggunakan tabir surya ya, Okezoners!

Bibir mulai menipis dan kering

Bibir sendiri merupakan salah satu hal yang menjadi kebanggaan bagi beberapa wanita. Bentuk bibir menjadi salah satu daya tarik wanita. Mempunyai bibir yang sehat tentu menjadi nilai tambah bagi wanita.

Kelembapan akan hilang melalui bibir daripada melalui bagian wajah atau tubuh yang lain. Ketika bibir kehilangan kelembapannya, kulit yang melapisi bibir dapat menjadi kaku dan mulai pecah-pecah. Bibir dapat pecah dan kering ketika mereka kehilangan kelembapan karena terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin.

"Pencegahan kerusakan akibat sinar matahari adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada bibir dan di sekitar mulut," kata dokter kulit, Dr Madeline C. Krauss.

Mata yang bengkak dan menghitam (mata panda)

Sering mendengar istilah mata panda? Istilah ini ditujukan pada orang yang memiliki kantung cenderung berwarna gelap di bawah mata.

Menurut dr Danu Mahandaru, Spesialis Bedah Plastik dari The Beautylosophy Clinic, kantung mata merupakan masalah yang umum seiring usia bertambah. Dengan penuaan, jaringan di sekitar mata termasuk beberapa otot yang mendukung kelopak mata akan melemah.

Cairan yang berkumpul di kelopak bagian bawah mata Anda juga dapat menyebabkan kantung mata membesar. Kulit di area mata mengendur dan dapat membentuk lingkaran hitam di sekitar mata.

Cobalah mengurangi garam dan alkohol, dan cukup tidur. Dia juga menyarankan krim mata yang mengandung asam hialuronat, gliserin dan vitamin C.

Kulit wajah yang mudah rusak

Menurut US Library of Medicine, kulit yang menua lebih rentan terhadap cedera, dan bisa empat kali lebih lambat untuk sembuh dan kerusakan akibat sinar matahari dapat mempercepat proses ini.

Tidak menggunakan tabir surya dalam sehari-hari bisa merusak kulit, meski kamu hanya terpapar matahari sebentar. Ahli bedah plastik dr. Brett Kotlus mengatakan cara mencegah penuaan dini adalah menggunakan tabir surya. Gunakan produk yang mengandung 15 SPF atau lebih tinggi dan berbasis mineral.

Anda menderita kanker kulit

“Ketika kulit kita terpapar begitu banyak pemicu stres sehingga mekanisme perlindungan dan reparatifnya hanya dibebani berlebihan, saat itulah kita melihat perkembangan dari sel kulit yang sehat, ke sel atipikal (sel kanker),” kata Dokter Bowe.

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit Anda dari kanker kulit adalah memakai tabir surya spektrum luas setiap hari. Dia juga merekomendasikan suplemen antioksidan Heliocare untuk menetralisir radikal bebas di kulit Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini