Pandemi Virus Corona, Polusi Menurun dan Air Kanal Semakin Jernih

Senin 23 Maret 2020 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 612 2187974 pandemi-virus-corona-polusi-menurun-dan-air-kanal-semakin-jernih-CdNE3NtJtV.jpg Air kanal di Venesia semakin jernih (Foto : Nbcnews)

Pandemi virus corona atau Covid-19 berdasarkan situs worldometers telah menyebabkan 353.861 orang di dunia terinfeksi, 15.420 orang di antaranya meninggal dunia, sedangkan 100.629 sembuh. Kondisi ini membuat banyak orang dipaksa mengisolasi diri di rumah.

Namun, di tengah kabar-kabar yang mengkhwatirkan, ada beberapa yang dapat memberi harapan, misalnya dampak terhadap alam atau lingkungan seperti yang dikutip dari BBC Indonesia berikut :

Tingkat polusi menurun

Ketika sejumlah negara menutup wilayah mereka guna menghentikan penyebaran virus corona, tingkat polusi menurun secara signifikan.

Baik China maupun Italia bagian utara mencatat penurunan drastis nitrogen dioksida—polutan udara yang berbahaya—di tengah pengurangan aktivitas industri serta merosotnya lalu lintas kendaraan bermotor.

Polusi di China Menurun

Para peneliti di New York juga mengatakan kepada BBC bahwa hasil-hasil awal menunjukkan karbon monoksida—yang utamanya berasal dari mobil-mobil—telah berkurang hampir 50% dibandingkan dengan tahun lalu.

Lantas, karena banyak maskapai membatalkan penerbangan dan jutaan orang bekerja dari rumah, semakin banyak negara di dunia amat mungkin mengalami penurunan tingkat polusi.

Air di kanal-kanal semakin jernih

Kanal Venesia

Seiring dengan penurunan polusi udara, warga Venesia di Italia menyaksikan perbaikan kualitas air pada kanal-kanal di kota mereka.

Lantaran tiada wisatawan yang berkunjung ke kota itu, lalu lintas di kanal-kanal menurun drastis sehingga sedimen dapat berkumpul. Air yang biasanya keruh, kini begitu jernih sampai ikan-ikan dapat terlihat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini