4 Fakta Wisma Atlet Disulap Jadi RS Corona Darurat yang Perlu Kamu Ketahui

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 481 2188037 4-fakta-wisma-atlet-yang-disulap-jadi-rs-corona-darurat-yang-perlu-kamu-ketahui-tbdK0FM9xf.jpg Wisma Atlet Kemayoran (Foto: Okezone)

Saat ini wabah COVID-19 sedang merebak di Indonesia. Sebanyak 579 orang positif COVID-19.

Pemerintah berusaha keras melawan wabah COVID-19 dengan menyiapkan berbagai fasilitas termasuk menyiapkan RS Darurat Corona, yakni Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Wisma Atlet

Lalu apa saja 4 fakta Wisma Atlet Kemayoran yang perlu kamu ketahui?

1. Empat tower Wisma Atlet disiapkan jadi lokasi penanganan virus corona

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, empat tower yang disiapkan di Wisma Atlet Kemayoran antara lain tower 1, 3, 6 dan 7. Ke empat tower tersebut diperkirakan dapat menampung pasien yang cukup banyak namun tetap memperhatikan kesehatan tenaga medis dan keamanan yang bertugas.

"Untuk tower 1 yakni mulai lantai 1 sampai 24 diperuntukkan bagi dokter dan tenaga medis. Jumlah kapasitas unit yang tersedia sebanyak 650 unit dan dapat menampung sekitar 1.750 orang," katanya.

Sedangkan tower 3 mulai lantai 1 sampe 24 akan digunakanya sebagai Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 9. Jumlah unit yang tersedia sebanyak 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang. Selanjutnya di tower 6 mulai lantai 1 hingga 24 akan digunakan sebagai RS Darurat Corona dan ruang rawat inap pasien. Kapasitas yang tersedia adalah 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang.


2. Wisma Atlet untuk menampung pasien COVID-19 dengan gelaja ringan

Wisma Atlet hanya merawat pasien COVID-19 dengan gejala ringan antara lain ODP (orang dalam pengawasan) dan PDP (pasien dalam pengawasan).

Jika pasien positif COVID-19 dengan gejala berat maka akan dirujuk ke rumah sakit yang telah ditunjuk pemerintah. Nanti para pasien datang ke Wisma Atlet dan diobservasi oleh dokter. Kalau sifatnya ringan langsung dirawat di Wisma Atlet

3. Polri terjunkan 30 tenaga medis untuk bantu tangani pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Polri telah mengerahkan 30 tenaga medis untuk membantu menangani pasien COVID-19 di Wisma Atlet.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono mengungkapkan bahwa, 30 tenaga medis itu nantinya tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang disiagakan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Ada 30 orang terdiri dari satu dokter ahli paru, empat dokter umum dan 25 paramedis yang disiapkan untuk menangani pasien terpapar virus corona," kata Argo.

4. Sebanyak 566 orang disiapkan untuk mendukung operasi Wisma Atlet jadi RS Darurat Corona

Tiga satuan tugas (satgas) yang terdiri dari 566 orang disiapkan untuk mendukung operasi Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan, nanti akan siap untuk operasional, di mana di situ untuk operasinya menjadi tiga satgas, yaitu satgas pendamping yang terdiri dari tenaga medis yang menangani langsung di ring I.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini