nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Jenis APD dan Beda Fungsinya, Yuk Simak

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 11:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 24 481 2188066 4-jenis-apd-dan-beda-fungsinya-yuk-simak-TBBck6Z5nK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ALAT Pelindung Diri (APD) atau hazmat suit, yang dipakai oleh tenaga medis dalam menangani pasien positif virus corona tengah diperbincangkan. Setelah Anda mengetahui fungsinya, APD ternyata punya banyak jenis loh.

Sejak kasus Ebola merebak beberapa tahun silam, Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat mengharuskan seluruh tenaga medis mengenakan hazmat suit secara lengkap. Mulai dari jubah, topeng dan respirator, kacamata atau pelindung wajah, dan sarung tangan.

Begitu juga saat ini, tenaga medis di mana pun, termasuk di Indonesia, yang menangani pasien terinfeksi virus corona wajib menggunakan APD. Nah di Amerika, penggunaan hazmat suit dibagi menjadi empat level yakni;

apd

Level A

Memastikan tingkat perlindungan tertinggi terhadap uap, gas, kabut, dan partikel. Pakaian ini menggabungkan alat bantu pernapasan SCBA (self-contained breathing apparatus) yang menutup seluruh permukaan wajah.

Level B

Menggabungkan splash suit yang mampu menahan bahan kimia. Biasanya dilengkapi dengan sarung tangan dan sepatu boot, tapi tidak kedap udara. Alat ini dipakai ketika perlindungan kulit sang pengguna terbilang rendah.

Level C

Menggunakan pelindung yang sama, namun memungkinkan sang pengguna untuk memakai peralatan tambahan seperti air purifying respirator. Alat ini dipakai saat petugas medis harus mendekontaminasi pasien.

Level D

Jas atau jubah pada Level D tidak melindungi pengguna terhadap paparan bahan kimia. Tetapi mereka harus tetap menggunakan alas kaki dan pelindung wajah yang dapat melindungi dari bahan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini