nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Atlet Bisa Kena Corona COVID-19? Dokter Ungkap Jawabannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 11:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 24 481 2188114 kenapa-atlet-bisa-kena-corona-covid-19-dokter-ungkap-jawabannya-0uAa3Vn3JW.jpg Paulo Dybala. (Foto: @PauDybala_JR)

TAK sedikit atlet dunia terinfeksi virus corona COVID-19. Lantas, Anda pasti bertanya-tanya kok bisa ya para atlet yang selalu menjaga kebugaran tubuhnya, namun jadi "sasaran" virus corona?

Sudah sering disebutkan bahwa apapun profesinya, ras, suku, hingga jenis kelaminnya dapat saja tertular virus corona atau COVID-19.

Termasuk para atlet dunia, dari pemain sepak bola, seperti Paulo Dybala, juga dari kalangan pemain basket NBA, dilaporkan tertular virus corona. Kira-kira apa ya sebabnya?

paulo

Praktisi kesehatan olahraga, dr Michael Triangto SpKO, menjelaskan, virus corona pada dasarnya menyerang seseorang dengan kondisi imunitas lemah. Nah, para atlet olahraga ini tentunya setiap hari tak selalu dibekali imunitas bagus.

"Olahraga itu ada tiga tujuan, yang pertama adalah untuk sehat, kedua prestasi, lalu ketiga untuk rekreasi. Sementara atlet biasanya tujuannya adalah yang kedua, sisanya akan hilang," ujar Dokter Michael kepada Okezone, Selasa (24/3/2020).

Seorang atlet, menurut Dokter Michael, seringnya latihan dengan intensitas tinggi. Di sinilah menjadi faktor yang membuat atlet terkadang mengabaikan kesehatan.

Ketika sudah mengabaikan kesehatannya, sudah tentu imunitasnya menurun. Tak pelak jika seorang atlet itu terpapar virus corona, maka langsung terinfeksi.

"Lalu bagaimana bisa sehat kalau badannya sakit dan lelah latihan? Mereka (atlet) juga ada yang tidak pandai mengatur intensitas latihannya. Kesehatannya terganggu, malah gampang terkena corona," terangnya.

Sementara menurut dokter dari dari Slim and Health Sports Therapy itu, atlet yang mudah terinfeksi virus corona, dipicu karena jadwal pertandingannya yang padat. Mereka juga pasti akan sulit menjaga imunitas, karena terlalu lelah latihan.

paulo

"Atlet kan bukan Superman. Jadi, ya mudah saja terkena corona," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini