nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari TBC Sedunia, Kenali Gejala dan Obati Sampai Sembuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 13:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 24 481 2188182 hari-tbc-sedunia-kenali-gejala-dan-obati-sampai-sembuh-iqn3MS6WGG.jpg Kenali gejala TBC (Foto Ilustrasi : Shutterstock)

Setiap 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia. Peringatan ini ditujukan agar masyarakat dapat mengetahui seputar penyakit TBC.

Dikutip dari akun Instagram @dit.promkes yang bersumber dari Kemenkes RI, TBC atau tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan karena adanya kuman Mycobacterium Tuberculosis yang masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan. TBC adalah penyakit infeksi yang menular dan dapat menyerang organ tubuh, terutama paru-paru.

Hari TBC Sedunia

Indonesia sendiri mempunyai target terhadap penyakit menular ini, yakni eliminasi TBC di 2030. Metode atau program yang dicanangkan pemerintah Indonesia melalui Kemenkes RI yaitu TOSS TBC (Temukan TBC Obati Sampai Sembuh).

TOSS TBC adalah salah satu pendekatan untuk menemukan, mendiagnosis, mengobati dan menyembuhkan pasien TBC, untuk menghentikan penularan TBC di masyarakat.

Langkah-langkah TOSS TBC

Langkah-langkah TOSS TBC juga perlu diketahui, yaitu :

- Temukan gejala di masyarakat

- Obati TBC dengan tepat dan cepat

- Pantau pengobatan TBC sampai sembuh

Gejala Tuberkulosis (TBC) yang dapat Anda ketahui seperti berikut ini :

- Batuk lebih dari 2 minggu

- Mengalami sesak pada pernapasan

- Berkeringat di malam hari tanpa aktivitas

Hari TBC Sedunia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini