nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tata Cara Pakai APD Sebelum Tangani Pasien Corona COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 14:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 24 481 2188195 tata-cara-pakai-apd-sebelum-tangani-pasien-corona-covid-19-kd0AECgsut.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ALAT Pelindung Diri (APD) atau hazmat suit menjadi kebutuhan mutlak untuk para tenaga medis, dalam menangani pasien virus corona atau COVID-19. Tentunya saat menggunakan maupun melepas APD ada aturan khusus.

Penggunaan APD sangat penting untuk mencegah penularan virus corona, melalui droplet atau cairan liur dari pasien yang terinfeksi COVID-19.

Dilansir Okezone dari Independent, menurut pengakuan Brenden Greeley, salah seorang jurnalis Bloomberg, setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk memakai APD atau hazmat suit. APD ini biasanya terdiri dari kacamata, sarung tangan, dan jubah berbahan khusus.

apd

Saat menggunakan APD, jubah harus dikenakan terlebih dahulu oleh para tenaga medis, sebelum memasang sarung tangan, penutup kepala, sepatu, dan pelindung wajah. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada celah, yang membuat kontaminasi dapat terjadi.

Setelah itu, jubah harus dikencangkan pada bagian pergelangan tangan, pergelangan kaki, wajah, leher, dan pinggang.

Sementara untuk tata cara melepas APD atau hazmat suit, juga tidak boleh sembarangan. CDC memiliki dua metode untuk melepas alat pelindung diri tersebut.

Langkah pertama adalah melepas sarung tangan dan jubah tanpa menyentuh bagian luarnya. Hal ini harus dilakukan karena alat tersebut dianggap telah terkontaminasi, setelah pemakai melakukan kontak fisik dengan pasien yang terinfeksi.

Disebutkan pula bahwa APD harus dilepas dengan cara digulung ke bawah, dari ujung ke ujung. Setelah itu pengguna baru boleh melepas SCBA.

Protokol mereka juga menyatakan APD harus dilepas sebelum keluar dari area isolasi. Selain itu, bagian depan respirator tidak boleh disentuh, dan tangan harus dicuci di antara setiap langkah. Tak kalah pentingnya, para pemakai harus melepas semua pakaian biasa yang digunakan saat mengenakan APD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini