nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serang Pernafasan, Ampuhkan Vaksin Pneumonia Hadang Corona COVID-19?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 20:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 24 481 2188423 serang-pernafasan-ampuhkan-vaksin-pneumonia-hadang-corona-covid-19-G0ObbkwKXd.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VIRUS corona COVID-19 masuk lewat mulut dan hidung. Bahkan, rongga mata diklaim juga dapat menjadi pintu masuk dari virus ini.

Lantas, apa yang diserang oleh virus corona COVID-19? Salah satunya adalah sistem pernafasan kita. Oleh karena itu, mereka yang memiliki virus corona COVID-19 kerap menderita sesak napas.

Nah, salah satu penyakit yang juga menyerang pernafasan adalah pneumonia. Tapi, apa vaksin pneumonia bisa menghalau virus corona COVID-19?

biasanya muncul secara bertahap.

Jawaban yang diberikan WHO adalah tidak. Vaksin terhadap pneumonia, seperti vaksin pneumokokus dan vaksin Haemophilus influenza tipe B (Hib), tidak memberikan perlindungan terhadap virus corona baru.

Virus ini sangat baru, dan berbeda sehingga membutuhkan vaksin sendiri. Para peneliti pun sedang mencoba mengembangkan vaksin melawan 2019-nCoV, dan WHO mendukung upaya mereka.

Meskipun vaksin ini tidak efektif terhadap 2019-nCoV, vaksinasi terhadap penyakit pernapasan sangat dianjurkan untuk melindungi kesehatan Anda.

Pada pneumonia biasa terdapat tiga vaksin yang dapat digunakan sebagai bentuk pencegahan yakni Vaksin PSCV13, Vaksin PPSV23, dan Vaksin Hib.

Sedangkan pada pneumonia virus corona belum tersedia vaksin untuk mencegah. Saat ini para ahli masih terus meneliti virus dan mencari pengobatan serta vaksin untuk mencegah virus corona Wuhan.

Virus corona Wuhan (2019-nCov) dapat menyebabkan pneumonia atau infeksi yang menimbulkan peradangan pada paru-paru. Pneumonia ini berbeda dengan pneumonia biasa yang umum terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini