nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Medis di Malaysia Pakai Kantung Plastik sebagai APD

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 18:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 24 481 2188452 viral-petugas-medis-di-malaysia-pakai-kantung-plastik-sebagai-apd-qywEDM3o7L.jpg Tenaga medis di Malaysia gunakan plastik sebagai APD (Foto : Facebook)

Selain Indonesia, Malaysia merupakan salah satu negara paling terdampak di Asia Tenggara terkait pandemi virus corona atau COVID-19.

Dari perkembangan data terbaru, Selasa 24 Maret 2020 sekitar pukul 14.00 waktu setempat menyebutkan bahwa sudah sekitar 15 orang pasien positif COVID-19 di Malaysia yang meninggal.

Pemerintah Malaysia sendiri juga sudah menerapkan peraturan Movement Control Order agar para penduduknya bisa berdiam diri, melakukan karantina mandiri di rumah.

Di sisi lain, tak hanya para petugas medis di Indonesia yang tengah kewalahan menangani pasien positif COVID-19 dan ditambah dengan masalah kekurangan APD (alat pelindung diri) lengkap saat bertugas. Para tenaga kesehatan di Malaysia pun sepertinya tak luput dirundung masalah yang sama.

Hal ini terungkap melalui suatu tayangan video, yang tengah viral di linimasa media sosial Malaysia. Video viral yang memperlihatkan betapa besar pengorbanan dan dedikasi para tenaga kesehatan, sebagai garda terdepan pandemi virus corona COVID-19 ini.

Dalam video yang beredar di linimasa Facebook tersebut, terlihat para petugas kesehatan Malaysia mengenakan lapisan pelindung di bagian kepala untuk menutupi dan melindungi kepala mereka dengan menggunakan kantung plastik.

Tampak jelas seorang petugs medis tengah mengambil satu kantung plastik, lalu mengukur ukuran kepala dan wajah rekan sejawatnya. Setelah pengukuran selesai, barulah kantung plastik tersebut digunting dibelah di bagian tengahnya, sehingga bisa ada lubang sebagai tempat menaruh wajah.

Setelah plastik tersebut dipakai di kepala dan menutupi sebagian wajah, baru setelahnya sang petugas kesehatan mengenakan topi pelindung.

Video ini jelas memperlihatkan perjuangan keras para petugas kesehatan dalam merawat pasien di tengah pandemi virus corona COVID-19 ini. Jadi mari kita bantu mereka, dengan tidak menganggap enteng virus corona jenis baru ini. Salah satunya dengan karantina mandiri, berdiam diri di rumah, tidak berpergian ke luar rumah sembarangan agar penularan COVID-19 bisa ditekan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini