nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Corona COVID-19, Yuk Hindari Pola Hidup Sedentary

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 20:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 24 612 2188471 waspada-corona-covid-19-yuk-hindari-pola-hidup-sedentary-7Am9uTWDwp.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA obat memang tengah diujicoba, bahkan dikatakan berhasil menghambat virus corona COVID-19. Tapi, tidak ada satu pun obat tersebut yang terbukti manjur mengobati para penderita.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh atau imunitas. Oleh karena itu, dalam keadaan seperti ini cobalah tinggalkan pola hidup sedentary.

Pola hidup sedentary adalah kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan seseorang yang tidak banyak melakukan aktifitas fisik atau tidak banyak melakukan gerakan.

Istilah pola hidup sedentary semakin populer ketika dikaitkan dengan masalah kesehatan. Hal ini disebabkan karena pola hidup sedentari dianggap sebagai faktor risiko terhadap berbagai masalah kesehatan populer seperti penyakit jantung dan stroke.

dalam keadaan seperti ini cobalah tinggalkan pola hidup sedentary.

Begitu juga dengan terbiasa olahraga bisa membantu kita hidup lebih lama. Anda juga lebih bugar dan awet muda sepanjang masa.

Setidaknya siapkan waktu 60 menit untuk melakukan aktivitas fisik untuk anak-anak setiap hari. Sementara itu, WHO merekomendasikan agar orang dewasa melakukan kegiatan ini sekira 150 menit dalam seminggu.

Disebutkan para ahli, kebiasaan baik ini dapat mencegah penyakit tidak menular dan mengendalikan berat badan. Tak hanya itu, ada manfaat lain yang didapatkan bila Anda menjalani kebiasaan olahraga maupun aktivitas fisik. Ini dia ulasannya, dilansir Zeenews.

Aktivitas fisik teratur mengendalikan berat badan. Anda akan terhindar dari obesitas, tapi dibarengi dengan mengatur pola makan yang tepat.

Dengan berolahraga, Anda dapat mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Termasuk mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Dengan rajin olahraga, Anda juga dapat menurunkan tekanan darah. Begitu juga, Anda menjaga kolesterol agar tetap sehat sepanjang hari.

Aktivitas fisik dan olahraga juga membantu Anda tidur nyenyak di malam hari. Dengan demikian, Anda dapat mencegah insomnia yang dampaknya buruk.

Olahraga rutin juga membantu Anda lebih rileks. Tentu hal ini dapat meningkatkan kesehatan mental Anda supaya tidak mudah cemas, stres, dan depresi. Setiap orang wajib menjaga kesehatan fungsi paru agar terhindar dari penyakit mematikan.

Tapi di samping olahraga, Anda juga harus menghindari rokok dan mengurangi pencetus gangguan paru yang berbahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini