nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beri Ventilator untuk Pasien Lain, Pendeta di Italia Meninggal Dunia karena Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 21:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 24 612 2188533 beri-ventilator-untuk-pasien-lain-pendeta-di-italia-meninggal-dunia-karena-covid-19-mmvM6czj1O.jpg Pendeta Don Giuseppe Berardelli (Foto : Standardmedia)

Ketika sakit, berjuang antara hidup dan mati, biasanya seseorang akan mementingkan diri sendiri agar selamat. Tapi, hal tersebut tak berlaku bagi Don Giuseppe Berardelli.

Don Giuseppe Berardelli adalah seorang pendeta Katolik di Italia yang menjadi salah satu pasien Covid-19. Dikutip dari Newsweek, Selasa (24/3/2020), pendeta berusia 72 tahun tersebut meninggal dunia pada 15 Maret 2020 di suatu rumah sakit wilayah Lovere, Italia karena menolak menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator.

Bukan tanpa alasan, pendeta Don memilih untuk tidak menggunakan ventilator agar pasien lain yang lebih muda bisa menggunakannya. Padahal, alat bantu pernapasan tersebut dibeli oleh jemaat khusus untuk Pendeta Don. Meski pada akhirnya, tidak diketahui siapakah yang menggunakan ventilator yang awalnya untuk Pendeta Don tersebut.

Pendeta Don

Pendeta Don Berardelli merupakan sosok yang dicintai banyak orang di sekelilingnya. Ia dikenal suka membantu sesama yang membutuhkan pertolongan soal keuangan, hingga suka membantu orang lain untuk menumpang di sepeda motornya.

Karenanya, meninggalnya sosok Pendeta Don yang masih berusaha menolong orang lain walau sudah kesakitan, bahkan akhirnya meninggal ini pun menuai pujian. Ia disebut sebagai sosok Martir yang penuh cinta kasih, dan sosok orang suci seperti St. Maximilian Kolbe.

Pendeta Don

Sementara, Pendeta Don menjadikan salah satu dari 6.000 orang Italia yang menjadi korban jiwa akibat Covid-19. Setidaknya ada enam sosok pastor, termasuk Don yang telah meninggal karena positif terinfeksi virus corona di Provinsi Bergamo, sedangkan 14 orang lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Provinsi Bergamo, yang terletak di bagian utara Italia adalah satu dari sekian provinsi paling terdampak dari pandemi virus corona jenis baru ini. Rumah sakit setempat kewalahan, dan mengakibatkan stok alat-alat medis seperti ventilator stoknya menjadi tidak cukup.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini