Cerita Haru Ridwan Kamil Tampung Anak yang Orangtuanya Terinfeksi COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 25 196 2188935 cerita-haru-ridwan-kamil-tampung-anak-yang-orangtuanya-terinfeksi-covid-19-a803mjUE0A.jpg Ridwan Kamil (Foto : @ridwankamil/Instagram)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan sebuah kisah mengharukan yang baru saja dia alami ke dalam akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Selasa 24 Maret 2020.

Dalam unggahan tersebut, Ridwan Kamil bercerita bahwa dia baru saja dipertemukan dengan seorang anak laki-laki malang bernama Dede (bukan nama asli) yang terpaksa berpisah dengan kedua orangtuanya lantaran terinfeksi virus corona (COVID-19).

Ridwan mengaku terenyuh saat anak laki-laki cerdas itu berkeluh kesah kepada dirinya. "'Pak, Aku kangen ayah dan bunda Pak' kata dia dengan lirih. Agak tak kuasa saya melihat raut wajahnya," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Meskipun demikian, Ridwan tetap berusaha tegar dan membimbing Dede untuk terus memanjatkan doa demi kesembuhan kedua orangtuanya.

"Ia terpisahkan oleh takdir karena ayah ibunya sedang dirawat karena keduanya positif terkena virus covid-19. Orangtuanya terpapar karena pergaulan sosial yang kurang bisa ditahan. Dede sendiri, alhamdulillah dites dengan hasil negatif. Hebat kamu de," sambung Ridwan Kamil.

Rdiwan Kamil

Lebih lanjut Ridwan mengatakan, sementara ini dia lah yang menampung Dede di rumah pribadinya, sampai nanti kedua orangtua Dede sehat dan bisa berkumpul kembali.

Melalui penggalan kisah ini, Ridwan pun mengimbau kepada sluruh warga Jawa Barat untuk tetap tinggal di rumah masing-masing hingga pandemi virus corona berakhir.

"Mohon tinggallah di rumah wahai para warga Jawa Barat tercinta dalam situasi ini. Jauhi kerumunan. Taati maklumat pemerintah. Laksanakan Social Distancing," kata Ridwan.

"Jangan sampai ada Dede Dede yang lain, yang akhirnya terkorbankan dan terpisahkan dari orangtuanya, karena ketidakdisiplinan dan keegoisan kita para manusia dewasa. Semoga Allah Swt memudahkan segala ikhtiar kita dalam memerangi penyebaran virus ini. Jika kita disiplin, Insya Allah, #KitaPastiMenang.," tandasnya.

Diketahui, sejak kasus pertama, Jawa Barat memang menjadi salah satu daerah dengan tingkat kasus tertinggi di Indonesia. Hingga saat ini, setidaknya ada 59 orang warga Jabar yang terinfeksi COVID-19.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini