nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Panduan WHO agar Terhindar dari COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 07:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 25 481 2188637 4-panduan-who-agar-terhindar-dari-covid-19-zMQ2LmVcJD.jpg Olahraga di rumah untuk tangkal COVID-19 (Foto : Womenshealthmag)

Sampai saat ini virus corona COVID-19 memang belum memiliki obat maupun vaksin. Cara yang bisa dilakukan adalah mencegahnya dengan mencuci tangan secara teratur dan menerapkan physical distancing.

Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dari WHO mengatakan, selama pandemi ini terus berlangsung sangat penting untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.

"Ini tidak hanya akan membantu Anda dalam jangka panjang, itu juga akan membantu Anda melawan COVID-19," kata dia seperti dilansir dari press briefing COVID-19.

Menurutnya, ada 4 cara menangkal virus corona COVID-19. Pertama, makan makanan yang sehat dan bergizi, yang membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi tepat. "Kedua, batasi konsumsi alkohol Anda dan hindari minuman manis," katanya.

Sementara yang ketiga adalah mengurangi atau berhenti merokok. "Merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius jika Anda terinfeksi dengan COVID-19," jelas dia.

Berhenti Merokok

Sedangkan yang keempat adalah berolahraga. WHO merekomendasikan 30 menit aktivitas fisik sehari untuk orang dewasa dan satu jam sehari untuk anak-anak. "Jika Anda diizinkan untuk berjalan-jalan atau lari, jaga jarak aman dari orang lain," kata Tedros.

"Jika Anda tidak dapat meninggalkan rumah, berolahraga dengan video online, berdansalah dengan musik, melakukan yoga atau berjalan naik turun tangga," tukas dia.

Sekadar informasi, jumlah kasus virus corona di Indonesia terus bertambah. Hingga hari ini tercatat pasien positif terinfeksi COVID-19 di Tanah Air sudah mencapai 686 orang dan 55 orang di antaranya meninggal dunia. Pasien yang sudah sembuh 30 orang.

Ini merupakan data dicatat hingga pukul 12.00 WIB tadi. Dibandingkan data sebelumnya, tercatat kini ada penambahan 107 kasus positif COVID-19 di Indonesia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini