nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan WHO untuk Mereka yang WFH karena Corona COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 08:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 25 481 2188646 pesan-who-untuk-mereka-yang-wfh-karena-corona-covid-19-AY032ZJbAQ.jpg Aktivitas di rumah bersama anak (Foto : Momjunction)

Guna meminimalisir persebaran virus corona COVID-19, maka pemerintah telah meminta pada perusahaan untuk menerapkan Work From Home (WFH). Selain itu, pemerintah pun akan membubarkan mereka yang masih saja nekat berkumpul.

Tapi, hati-hati karena bekerja di rumah berarti membuat Anda nyaman, yang kemudian menghasilkan Anda malas bergerak. Akibatnya, Anda selamat dari corona COVID-19 tapi malah kena penyakit lain.

Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dari WHO mengingatkan, jika Anda bekerja di rumah, pastikan Anda tidak duduk di posisi yang sama untuk waktu yang lama. "Istirahat tiga menit setiap 30 menit," kata dia seperti dilansir dari press briefing COVID-19.

Menurutnya, yang juga penting adalah menjaga kesehatan mental Anda. Sangat normal untuk merasa stres, bingung dan takut selama krisis. Karenanya, kita pun butuh berbicara dengan orang-orang yang kita percaya. "Mendukung orang lain di komunitas Anda dapat sangat membantu Anda seperti halnya mereka," tutur dia.

Di Rumah Saja

Menurut Tedros, ketika karantina ini tidak ada salahnya melakukan kontak dengan tetangga, keluarga, dan teman lewat aplikasi. :Kasih sayang adalah obat," katanya.

Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik, membaca pesan atau mainkan permainan. Dia pun mengimbau untuk tidak membaca atau menonton terlalu banyak berita jika itu membuat kita cemas.

"Dapatkan informasi Anda dari sumber yang dapat dipercaya sekali atau dua kali sehari. Untuk meningkatkan akses ke andal informasi WHO telah bekerja dengan WhatsApp dan Facebook untuk meluncurkan kesehatan WHO baru layanan pesan peringatan," jelas Tedros.

"Layanan ini akan memberikan berita dan informasi terbaru tentang COVID19 termasuk perincian tentang gejala dan cara melindungi diri Anda," tukas dia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini