nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Cegah Stres di Rumah Aja ala Psikolog Ratih Ibrahim

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 196 2189336 tips-cegah-stres-di-rumah-aja-ala-psikolog-ratih-ibrahim-minFhiixiH.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

SUDAH lebih dari sepekan sebagian orang berdiqam diri di rumah. Karena terlalu lama, Anda tentunya pasti akan bosan.

Saat berdiam diri di rumah di beberapa hari pertama akan terasa menyenangkan, karena alur aktivitas bisa terasa sedikit santai. Namun tak bisa disangkal, lama kelamaan timbul rasa bosan dan jenuh.

Apalagi bagi orang-orang yang biasa beraktivitas di luar rumah, dinamis dan mobile ke banyak tempat dan bertemu banyak orang. Rasa bosan dan jenuh ini disadari atau tidak kemudian bisa berlanjut menjadi stres.

stres

Well, jangan khawatir dulu! Stres memang tak terhindarkan, namun stres bisa dikelola loh! Termasuk mencegah stres saat melakukan karantina diri di rumah.

Dipaparkan oleh Psikolog Ratih Ibrahim SPsi, MM, agar tidak stres berlebihan saat karantina diri di rumah, yang paling penting adalah tentang membentuk pola pikir di diri masing-masing.

“Stres itu sangat bisa dikelola kok, yang paling harus dilakukan adalah membentuk mindset yang positif dulu. Itu namanya membentuk growth mindset,” ujar Ratih saat dihubungi Okezone, melalui sambungan telepon, Kamis (26/3/2020)

Untuk menumbuhkan dan membentuk pikiran yang positif ini, tak perlu dimulai dari hal-hal yang besar. Ratih mencontohkan, justru membentuk mindset yang positif bisa dimulai dari sesuatu yang terdekat, yang paling sederhana dengan diri dan kehidupan sehari-hari yang dijalani.

“Tumbuhkan dalam pikiran, bisa bekerja di rumah itu adalah berkah. Lalu setelahnya, buat rencana kerja atau berkegiatan di sepanjang hari secara produktif dan harus disiplin dalam pelaksanaannya. Jangan lupa bersyukur, dan mendoakan kebaikan sesama dengan tulus,” tambahnya.

Karantina di rumah, mungkin bagi sebagian orang malah membuat waktu dengan gadget jadi lebih banyak ketimbang saat beraktivitas normal di luar rumah. Bagaimana menggunakan gadget dalam mengakses informasi, hingga durasi pemakaian ponsel itu sendiri, disebutkan psikolog pendiri dan CEO Personal Growth ini termasuk cara untuk membentuk pikiran yang positif sehingga stres bisa dicegah.

“Disiplin diet penggunaan gadget untuk media sosial, biasakan hanya mengakses informasi dari sumber resmi dari pemerintah dan yang terverfikasi. Jangan baca, sebar, apalagi bikin asumsi-asumsi negatif apalagi hoax. Itu jahat!,” pungkas Ratih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini