6 Cara Mudah Tingkatkan Imunitas Tubuh

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 481 2189346 6-cara-mudah-tingkatkan-imunitas-tubuh-HUJDf7AQ7e.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Sistem kekebalan atau imunitas adalah garis pertahanan pertama tubuh manusia. Maka dari itu, makin kuat sistem imunitas tubuh maka semakin kecil juga peluang untuk jatuh sakit, termasuk terinfeksi virus corona COVID-19.

Perubahan sederhana dalam diet dan rutinitas sehari-hari dapat membantu tubuh untuk membangun kekebalan. Imunitas tubuh yang baik ini sangat-sangat diperlukan, apalagi di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang.

Cara mudah seperti apa yang bisa dilakukan untuk menambah imunitas tubuh? Menyitat Khaleejtimes, Kamis (26/3/2020) berikut di bawah ini uraian singkat enam cara mudah menambah imunitas tubuh :

1. Asupan probiotik

Probiotik merupaka bakteri baik yang diperlukan tubuh, memenuhi asupan probiotik adalah langkah pertama untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi makanan seperti yoghurt, kefir, miso, atau kacang walnut sebagai menu makanan sehari-hari.

2. Vitamin C

Jeruk

Senyawa penting yang dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan virus. Vitamin C adalah agen terbaik dari keluarga antioksidan, bertugas untuk melawan radikal bebas dan bertindak sebagai penghalang kuaerhadap infeksi, virus, dan penyakit yang menyerang.

Tapi karena vitamin C larut dalam air, artinya bisa mudah hilang dalam proses pengolahan makanan, maka hindari kelebihan air saat memasak, sebisa mungkin juga hindari merobek-robek dan mengupas sayuran secara berlebihan.

Untuk buah-buahan, bisa konsumsi buah jeruk, paprika, stroberi, jambu biji, blueberry, grapefruit, brokoli, sayuran berdaun, dan tomat. Antioksidan dalam jeruk dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini loh!

3. Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E juga jadi senyawa penting bagi tubuh. Setelah asupan vitamin C, kita bisa menambahkan vitamin E dengan mengonsumsi suplemen pil vitamin E. Tapi sebelumnya, konsultasi dulu dengan dokter ahli tentang konsumsi harian vitamin E ini ya!

4. Makan lemak sehat

Siapa bilang kita tidak boleh makan lemak? Lemak justru boleh dimakan, dengan catatan yang dimakan adalah lemak sehat Pilih lemak sehat daripada yang jenuh, karena ini membantu bukan hanya meningkatkan kekebalan tubuh tetapi juga melindungi jantung.

Pilih asam lemak Omega 3 dan asam lemak tak jenuh, misalnya dengan mengonsumsi kapsul minyak ikan atau menggunakan minyak zaitun atau minyak canola dalam memasak makanan. Bisa juga makan kacang kenari 3-4 butir setiap hari.

5. Olahraga

Olahraga

Bukan hanya meningkatkan imunitas tapi juga berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh loh! Coba latihan kardio tiga kali seminggu yang baik untuk jantung sekaligus menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Pilih satu jenis latihan olahraga yang sangat disukai dan lakukan secara teratur.

6. Jaga kebersihan

Langkah sederhana menjaga kebersihan diri, dengan sering mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, kurang lebih selama 20 detik. Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan area dapur. Biasakan bersihkan, beri disinfektan sebelum mulai memasak.

Pastikan talenan dan peralatan memasak lainnya dibersihkan dengan air hangat. Cuci buah dan sayuran segar dalam air mengalir untuk menghilangkan kotoran. Hindari susu yang tidak dipasteurisasi atau daging yang kurang matang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini