nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari 5 Kebiasaan Ini saat WFH agar Tak Jatuh Sakit

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 481 2189495 hindari-5-kebiasaan-ini-saat-wfh-agar-tak-jatuh-sakit-XYbF2zF5Ui.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Sadar atau tidak, banyak kebiasaan yang sering kita lakukan di rumah termasuk saat sedang terus berada di rumah seperti masa #dirumahsaja seperti sekarang yang dapat membuat kita sendiri menjadi jatuh sakit.

Dianggap sepele dan seringkali biasanya dilakukan secara tak sadar oleh kebanyakan orang. Padahal dampaknya bisa mengacaukan kesehatan, dan akhirnya membuat diri jatuh sakit.

Apa saja kebiasaan di rumah yang bisa membuat kita jatuh sakit? Merangkum Bustle dan Everydayhealth, Kamis (26/3/2020).

1. Makan di meja kerja

Sibuk WFH sampai harus makan di meja kerja? Tahukah Anda betapa kotornya keyboard komputer atau laptop tersebut? Jika tidak mau mengonsumsi kuman dan bakteri, biasakan makan di meja makan bukan di meja kerja dan wajib selalu mencuci tangan sebelum memasukkan makanan apapun ke mulut.

WFH

2. Malas membersihkan gadget

Keypads, layar monitor, keyboard laptop juga perlu dibersihkan loh! Jadi jika Anda rajin membersihkan tangan agar tidak terinfeksi virus, maka langkah selanjutnya ialah rajin membersihkan peralatan gadget dengan menggunakan tisu atau kain antiseptik.

3. Begadang

Begadang

Lelah beraktivitas di luar rumah, namun tetap memaksakan diri begadang saat sudah sampai rumah hanya demi menonton film kesayangan atau bermain games komputer. Tahukah Anda, orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam di malam hari punya risiko tiga kali lebih tinggi mudah demam ketimbang yang tidurnya cukup.

4. Menggigit kuku

Menonton tv sambil gigit kuku, membaca buku sambil menggigiti kuku. Terlihat sepele tapi nyatanya kebiasaan buruk ini berdampak negatif untuk kesehatan. Dituturkan Dr. Jennifer Eisenhuth, menggigit kuku adalah kebiasaan jorok dan membuat kulit jadi terbuka untuk semua jenis bakteri, virus, dan infeksi untuk masuk. Tidak hanya itu, kebiasaan buruk ini juga tidak baik bagi gigi.

5. Malas mengganti sprei tempat tidur

Tungau suka sekali berada di tempat tidur, lingkungan yang hangat dan gelap jadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi tungau debu. Kotoran fragmen tubuh tungai debu inilah yang disebutkan bisa menyebabkan masuk angin dan memicu asma. Maka dari itu, sebaiknya rajinlah mengganti seprei tempat tidur setidaknya satu kali seminggu dan cuci sprei yang kotor menggunakan air panas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini