5 Gejala Depresi yang Perlu Kamu Tahu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 481 2189564 5-gejala-depresi-yang-perlu-kamu-tahu-zKLncYOmWk.jpg Merasa depresi (Foto: Istockphoto)

Dalam kehidupan tak selalu mulus. Terkadang manusia mengalami kegaagalan yang bertubi-tubi sehingga membuatnya sedih bahkan depresi.

Kalau sudah merasa mengalami depresi, ada baiknya kamu pergi ke psikolog ya. Dilansir dari Healthline ini 5 gejala depresi yang harus kamu ketahui!

depresi

1. Kamu benar-benar tak punya harapan

Depresi adalah gangguan suasana hati yang mempengaruhi perasaan seseorang. Orang yang terkena depresi biasanya merasa tak punya harapan hidup, tak merasa berharga. Selain kamu merasa tidak berharga dan berguna, kamu juga membenci diri sendiri. Maka segeralah ke psikolog agar sembuh.

2. Lelah luar biasa dan punya masalah tidur

Depresi sering disertai dengan kurangnya energi dan rasa lelah yang luar biasa dan dapat membuat tubuh menjadi lemah. Ini bisa menyebabkan tidur berlebihan. Bahkan kamu bisa tidur sampai melupakan semua kegiatan pentingmu.

3. Cemas luar biasa

Meskipun depresi belum terbukti menyebabkan kecemasan, kedua kondisi ini sering terjadi secara bersamaan. Orang yang memiliki kecemasan yang berlebihan akan selalu mengalami kegelisahan, gemetar atau otot berkedut. Selain itu, perasaan bahaya, panik dan takut masa depan menghantui pikiran mereka.

4. Cepat marah

Penelitian menunjukkan bahwa pria dengan depresi cenderung akan memiliki sifat cepat marah. Emosi yang meledak-ledak membuat para pria dengan depresi berat akan gampang tersulut emosi. Mereka akan mengekspresikan kemarahan dengan cara yang salah atau perilaku yang berisiko tanpa dipikirkan dulu.

5. Kehilangan minat

Biasanya orang yang terkena depresi akan menarik diri dari kegiatan-kegiatan yang sebelumnya disukai. Depresi membuatmu malas bersosialisasi dengan orang-orang terdekatmu teman, keluarga, dan pacar. Kamu merasa tak bahagia dan enggan bertemu mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini