nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Ikut Lawan Virus Corona COVID-19? Ini Daftar Barang yang Dibutuhkan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 14:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 612 2189344 mau-ikut-lawan-virus-corona-covid-19-ini-daftar-barang-yang-dibutuhkan-mLLdBszqr5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DONASI untuk memberantas virus corona atau COVID-19 tengah digalang oleh beberapa kalangan. Jika kamu ingin ikut, sesuatu yang diberikan tidak hanya uang loh.

Donasi tersebut biasanya akan diberikan kepada rumah sakit yang menampung pasien COVID-19. Untuk saat ini misalnya, dari kalangan selebriti hingga komunitas lainnya memberikan donasi COVID-19 kepada para tenaga medis. 

Jika kamu bingung ingin mendonasikan barang apa, Okezone berikan rekomendasinya. Ditulis Kamis (26/3/2020), ini dia ulasannya.

Alat Pelindung Diri (APD)

apd

Beberapa minggu belakangan, banyak tenaga medis yang membutuhkan APD dalam menangani pasien COVID-19. APD itu berupa jubah, sarung tangan, masker hingga penutup kepala. Meski pemerintah mendistribusikan APD lebih dari 10 ribu, tetap saja APD disposable ini masih sangat dibutuhkan.

Obat-obatan

Obat-obatan juga sangat dibutuhkan oleh tenaga medis yang berada di garda depan dalam menangani pasien COVID-19. Kamu dapat memberikan obat kemasan untuk mengilangkan rasa lelah, seperti beberapa jenis obat yang mengandung herbal. 

Multivitamin

vitamin

Untuk menjaga stamina, tentunya para tenaga medis membutuhkan tambahan multivitamin. Dari mulai suplemen, vitamin C, juga beberapa jenis multivitamin lainnya untuk menjaga imunitas.

Sementara itu, jika ingin berdonasi secara aman pastinya harus ada hal-hal yang diperhatikan. Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan, ketika ingin berdonasi, lebih aman diberikan langsung lewat instansi pemerintah. Dalam hal ini adalah Badan Penanggulangan National Bencana (BNPB), yang menjadi Gugus Tugas COVID-19.

"Dari instansi pemerintah, nantinya akan diberikan ke berbagai komunitas masyakarat atau rumah sakit yang membutuhkan,” ucapnya lewat keterangan tertulis yang diterima Okezone. 

Di Jakarta misalnya, beberapa rumah sakit rujukan COVID-19 antara lain RSPAD Jakarta, RSPI Sulianti Saroso, RS Persahabatan Jakarta, RSUD Tarakan, RSUD Duren Sawit, RSUD Cengkareng dan RSUD Pasar Minggu.  

Air mineral

air

Tenaga medis saat bertugas di ruang isolasi tentunya harus banyak minum air putih. Maka tak ada salahnya Anda memberikan air mineral kemasan yang aman dikonsumsi.

Makanan ringan bernutrisi

CEO Mayora Group Andre Atmadja, mengatakan, selain alat medis, para tenaga kesehatan juga membutuhkan makanan ringan. Biskuit pun bisa menjadi pilihan.

"Satu juta biskuit diberikan mengingat kecukupan gizi juga penting untuk para pekerja medis," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini