nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Aktivitas Menyenangkan dan Sehat saat Work from Home

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 26 612 2189511 9-aktivitas-menyenangkan-dan-sehat-saat-work-from-home-8JIsvg9PhK.jpg ilustrasi/ist

MENJADIKAN rumah sebagai tempat bekerja, sebagai ‘kantor’ jadi kebiasaan baru bagi sebagian pekerja di tengah pandemi virus corona COVID-19 ini.

Jangan salah, work from home (WFH) atau bekerja dari rumah ini bisa menimbulkan gangguan fisik dan psikis loh jika tidak dilakukan dengan tepat.

Sederet aktivitas menyehatkan tetap harus dilakukan walau sedang masa WFH seperti sekarang, agar fisik dan pikiran tetap sehat. Apa saja aktivitas tersebut? Yuk simak paparan singkatnya di bawah ini seperti dilansir makebodygood dan spo, Kamis (26/3/2020).

1. Buat desk khusus : Hindari bekerja dari atas tempat tidur atau sofa yang memang dirancang agar tubuh nyaman untuk duduk dan tidur. Sebisa mungkin buat sendiri ruang kerja, workspace dengan kursi dan meja yang pas.

2. Duduk dengan posisi yang tepat : Menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk, pastikan kita duduk dalam posisi yang tepat saat bekerja, dudu dengan posisi duduk berjarak sekitar 50 hingga 70 sentimeter dari layar komputer atau laptop. Kepala harus sedikit diturunkan ketika melihat monitor untuk mencegah ketegangan di area leher. Jika punya kursi kantor dengan sandaran yang bisa disetel dan sandaran lengan, ini jadi cara ideal agar posisi duduk bisa ergonomis. Mengubah posisi duduk secara teratur juga bisa bantu mengurangi dan mencegah ketegangan punggung.

3. Banyak jalan : Di dalam rumah bukan berarti tidak bisa jalan kaki kan? Manfaatkan waktu istirahat makan siang dengan banyak berjalan kaki. Misalnya bolak-balik dapur mengambil makanan atau segelas kopi, lakukan selama 15 menit.

4. Berjemur : Sebelum mulai bekerja, sebisa mungkin kita harus berjemur di pagi hari. Sinari tubuh di bawah paparan sinar matahari pagi yang menyehatkan, kurang lebih selama 15 menit. Jika punya waktu lebih banyak, bisa juga berkeliling sebentar mengelilingi komplek sambil membawa binatang peliharaan.

5. Berdiri dua jam : Berdiri lah setidaknya dua jam dalam satu hari, sempatkan berdiri di saat membaca berkas-berkas laporan atau sedang menghubungi klien atau narasumber. Alih-alih duduk sepanjang hari, lakukan pekerjaan yang bisa dilakukan dengan berdiri.

6. Jangan terlalu nyaman : Pasang timer untuk waktu kapan harus berdiri dari tempat duduk, setidaknya satu kali setiap satu jam sekali. Untuk yang suka menari, boleh loh menari-nari kecil sambil streching.

7. Beres-beres : Pekerjaan rumah tangga, mencuci baju, mencuci piring, menyapu, mengepel, menyiram tanaman, membereskan kamar tidur, membersihkan kamar mandi, membersihkan karpet bisa juga dipakai sebagai olahraga. Tubuh aktif bergerak dan berkeringat, rumah juga jadi bersih.

8. Diet gadget : Psikolog Ratih Ibrahim menyarankan di saat WFH seperti ini, kita harus tahu prioritas. Salah satunya dengan disiplin dalam menggunakan gadget untuk media sosial, batasi waktu untuk bermain sosial media agar kesehatan psikis tetap terjaga.

9. Saring informasi : Selain diet gadget bermain media sosial, agar tetap waras saat WFH seperti sekarang. Kita juga harus membiasakan diri menyaring informasi, biasakan hanya mengakses informasi dari sumber resmi dari pemerintah dan yang terverfikasi. Jangan baca, sebar, apalagi membuat asumsi-asumsi negatif apalagi hoax.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini