Ciri-Ciri Corona COVID-19, Apa Iya Selalu Disertai Gejala Demam?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 481 2189710 ciri-ciri-corona-covid-19-apa-iya-selalu-disertai-gejala-demam-31v2boCdAS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JIKA tidak melakukan physical distancing seseorang akan mudah tertular virus corona. Lalu apa ciri-ciri corona itu sendiri?

Dijelaskan dr Putu Ayuwidia Ekaputri lewat laman Instagram @diadiawidia, ketika virus corona masuk ke dalam tubuh, dalam 2-14 hari semua orang bisa menularkan corona. Kamu bisa disebut carrier, yang artinya bisa menularkan COVID-19 ke orang lain, meski tidak sakit.

demam

"Si carrier merasa sehat, jalan-jalan, bepergian ketika bersin, misal karena ada debu atau sedikit terbatuk, virus akan keluar dari tubuhnya dan bisa masuk ke tubuh orang di sekitarnya," ucapnya.

Bahkan, penderita corona bisa saja tidak sadar meski sakit ringan. Mungkin hanya dikira batuk, pilek, panas biasa, lalu jalan-jalan tanpa masker, lalu bisa menginfeksi orang di sekitarnya.

Dokter Dia juga mengingatkan anak muda untuk tidak meremehkan penularan virus corona. Anak muda yang ketahanan tubuhnya baik, ketika ada 4 dari 9 virus corona masuk ke dalam tubuh, bisa jadi sehat-sehat saja atau hanya sakit ringan.

"Atau mungkin kalian merasa, Ah gapapa aku sakit. Toh aku masih muda. Atau, Ah kalau aku nasibnya sakit sih ya mau gimana juga sakit aja," katanya.

Anak muda, menurut Dokter Dia, juga sangat rentan menularkan COVID-19 ke orangtua, kakek dan nenek, serta tetangga atau teman dekat.

Ketika tertular virus corona, kondisi mereka bisa saja tidak seberuntung anak muda. Mereka bisa mengalami sakit yang sangat parah, butuh penanganan khusus, bahkan bisa berujung kematian loh.

"Maka harus isolası diri di rumah agar tidak menyebarkan virus ke orang lain. Yuk, lakukan apa yg bisa kita lakukan. Kita mulai dari diri sendiri dengan #socialdistancing #dirumahaja #cucitangan," ungkapnya.

"Hindari panik berlebihan, tapi kita harus ambil sikap! Sehat-sakit, hidup-mati memang di tangan Tuhan Tapi, sudah selayaknya kita bersikap manusia sebagai manusia dengan saling menjaga," tegasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini