Deretan Makanan Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 481 2189981 deretan-makanan-mengandung-vitamin-e-dan-manfaatnya-nCIDDQ9KXe.jpg Ilustrasi. (Foto: Cloppingpathhouse)

PERAN vitamin E di dalam tubuh sangatlah penting. Tak sekadar bagus untuk kesehatan kulit dan jantung, tapi ada juga manfaat lainnya.

Vitamin E merupakan antioksidan larut dalam lemak yang melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel dalam tubuh. Jika seseorang kekurangan vitamin E, maka ada sejumlah dampak buruk yang dapat dialami.

sayuran

Menurut US standards, dalam sehari vitamin E sangat dianjurkan untuk dikonsumsi berdasarkan usia. Dalam sehari seseorang disarankan konsumsi asupan vitamin E sekira 6 miligram/hari hingga 15 miligram/hari.

Manfaat vitamin E sendiri adalah memperlambat penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit, cegah kanker, melawan penyakit kardiovaskular, mengurangi bekas luka, menurunkan risiko katarak, meningkatkan fungsi neurologis, hingga meningkatkan hemoglobin.

Tak peru tambahan suplemen, karena vitamin E banyak dikandung oleh makanan. Seperti sayuran berdaun hijau, biji bunga matahari, kacang-kacangan seperti almond dan kacang, biji-bijian, kuning telur, kedelai, buah kiwi, brokoli, pepaya, tomat, labu, juga selada.

Pastinya kalau mengonsumsi vitamin E alami dari makanan-makanan tersebut dapat menjaga kesehatan Anda. Sementara jika tubuh kekurangan vitamin E tentu ada dampaknya.

Mulai dari rambut rontok, proses penyembuhan akan jadi buruk, penurunan respons sistem kekebalan tubuh, kaki kram, penghancuran sel darah merah, miopati skeletal, dan retinopati. Karenanya, pastikan menyertakan vitamin E pada menu harian Anda melalui makanan untuk melindungi sel-sel Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini