nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Hilangkan Stres, Ternyata Ini Manfaat Bersepeda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 21:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 27 481 2190159 tak-hanya-hilangkan-stres-ternyata-ini-manfaat-bersepeda-PU0bCGC9wq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu cara efektif untuk bertahan dari virus corona COVID-19 adalah dengan menjaga imunitas. Tapi, gaya hidup masyarakat Jakarta yang sibuk membuat mereka lupa akan gaya hidup sehat.

Akibatnya, selain makanan yang terkontrol, masyarakat juga kurang aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik ini sangat penting untuk mengngkal penyakit.

Nah, meskipun pemerintah mengkampanyekan gerakan di rumah aja, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga loh. Berolahraga singkat di sekitaran rumah masih diperbolehkan, asalkan menjaga self distancing.

Daripada kamu binggung olahraga apa, coba deh bersepeda di waktu luang. Akan tetapi, sebenarnya banyak manfaat dari kegiatan yang satu ini, seperti dilansir dari PasteMagazine.

manfaat bersepeda

Mengurangi stres

Bersepeda dapat meningkatkan endorfin di dalam tubuh. Tindakan berulang dari mengayuh pedal merupakan cara untuk menghilangkan stres karena irama yang tercipta. Selain itu, saat bersepeda Anda bisa menikmati pemandangan sekitar yang berguna meredakan stres pikiran.

Membantu memulihkan penyakit persendian

Bagi Anda yang memiliki masalah radang sendi, bersepeda dapat menjadi alternatif bila tetap ingin melakukan aktivitas fisik. Hal itu dikarenakan bersepeda memiliki risiko yang lebih rendah karena melibatkan otot-otot kaki tanpa tekanan berlebih.

Selain itu, lantaran tidak ada tekanan pada punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki, bersepeda bisa menjadi latihan sementara bagi mereka yang baru saja mengalami cedera.

Meningkatkan kekuatan kardiovaskular

Bersepeda yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50%. Dari hasil penelitian diungkapkan, bersepeda meningkatkan detak jantung dalam jangka waktu lama.

Hal ini berbanding lurus dengan peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga jantung menjadi kuat secara keseluruhan, denyut nadi yang rendah, dan penurunan kadar lemak darah. Semuanya itu membantu pencegahan penyakit kardiovaskular seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

Menambah kekuatan tubuh secara utuh

Disadari atau tidak, bersepeda merupakan latihan untuk keseluruhan tubuh. Ketika mengayuh pedal, otomatis Anda melatih kaki terutama paha depan dan belakang, serta gluts. Selain itu, bersepeda juga melatih otot tubuh bagian atas, abs, punggung bawah, dan inti. Lalu pada saat Anda mencengkeram stang, bahu dan lengan ikut terlatih.

Peningkatan energi

Berkaitan dengan manfaat di atas, peningkatan kesehatan kardiovaskular memengaruhi peningkatan stamina secara keseluruhan. Jika latihan ketahanan ini dilakukan secara rutin, maka saat bersepeda jarak jauh Anda tidak terlalu sering mengalami kelelahan otot atau stres pada persendian.

Dengan bersepeda jarak jauh, tubuh otomatis menggunakan energi yang tersimpan dalam jangka waktu lebih lama. Hal ini berpengaruh pada stamina yang lebih tinggi, suasana hati yang lebih antusias, dan kehidupan yang lebih produktif.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini