nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hand Sanitizer Langka, Jubir COVID-19: Virus Corona Mudah Hancur Terkena Sabun

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 00:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 481 2190204 hand-sanitizer-langka-jubir-covid-19-virus-corona-mudah-hancur-terkena-sabun-sGh9IZ9Uju.jpg Jubir Pemerintah dalam Penanganan Covid-19 (Foto : BNPB Indonesia/Youtube)

Hand sanitizer menjadi salah satu barang yang langka ketika Indonesia menghadapi pandemi virus corona COVID-19. Hal ini lantaran hand sanitizer dianggap ampuh membunuh virus yang berada di tangan.

Namun, Jubir Pemerintah dalam Penangan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, sabun sudah terbukti ampuh untuk membunuh virus corona. Karenanya, Yuri mengimbau tidak perlu bergantung pada hand sanitizer.

Jubir Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

"Tidak perlu mencari sesuatu yang sulit, karena secara ilmiah sudah dibuktikan virus ini sangat rentan dan mudah hancur manakala terkena sabun dan detergen," ujarnya dalam konferensi pers “Update COVID-19”, di Gedung BNPB Indonesia, Jumat 27 Maret 2020.

Oleh karena itu, Yuri menegaskan tak memiliki hand santizer bukan menjadi alasan untuk tidak mencuci tangan. Karena sabun sudah cukup efektif membunuh virus, termasuk corona.

"Tidak ada alasan karena tak mudah mencari hand sanitizer, maka tidak mencuci tangan, cuci tanganlah pakai sabun. Setiap hari pasti ada, dan tidak sulit mencari sabun," imbuhnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini