nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Corona COVID-19, Berikut Deretan Virus Mematikan yang Pernah Ada

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 20:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 27 612 2190157 selain-corona-covid-19-berikut-deretan-virus-mematikan-yang-pernah-ada-7D9IGS5PF7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BELUM juga selesai pandemi virus corona COVID-19, tiba-tiba di china kembali muncul virus baru bernama Hanta virus. Meski baru menewaskan 1 orang, tapi cukup membuat panik.

Pasalnya, virus corona COVID-19 awalnya juga menewaskan satu orang kemudian merambah dengan cepatnya. Tapi, ternyata ada juga virus-virus lain yang tidak kalah mematikannya dari virus corona loh.

Seperti dinukil Okezone dari berbagai laman seperti Wonder List dan Unilad, berikut ini sejumlah virus-virus paling mematikan di dunia yang telah memakan banyak korban. Apa saja?

Virus mematikan di dunia

Marbug

Pertama kali virus ini ditemukan yakni pada 1967 oleh ilmuwan. Saat pertama kali muncul, virus ini menyebabkan kematian sebesar 25%. Angka kematian pada virus ini juga terus meningkat.

Rabies

Virus yang satu ini mungkin kerap Anda kenal terkena pada hewan seperti anjing. Bahkan virus ini telah memakan sekira 55.000 korban setiap tahun. Gejala yang timbul akibat virus ini di antaranya air liur berlebihan sampai mulut berbusa.

Smallpox

Virus ini dinyatakan mustahil untuk diberantas. Virus ini telah bertanggung jawab terhadap 300-500 juta jiwa pada abad ke-20. Untungnya, virus ini sudah berhasil dimusnahkan pada Oktober 2010.

Rotavirus

Sementara virus yang satu ini telah memakan korban sebanyak 500.000 bayi dan anak-anak per tahunnya. Virus ini sendiri menular melalui kotoran ke mulut, yang bisa terinfeksi saat bermain di tanah.

HIV

Meskipun saat ini dunia medis sudah mengalami kemajuan, namun belum ada yang mampu untuk mematikan virus satu ini. Virus ini menjadi salah satu pembunuh manusia terbanyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini