nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tubuh Lelah dan Demam, Kenali Gejala Awal Hanta Virus

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 06:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 612 2190191 tubuh-lelah-dan-demam-kenali-gejala-awal-hanta-virus-QccXOeWWpQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
DUNIA kembali dikejutkan dengan adanya kasus kematian di Provinsi Yunnan, China. Pasalnya, kematian tersebut karena virus hanta atau Hantavirus, sebuah virus yang sempat dianggap sudah hilang.

Virus ini, berasal dari beberapa jenis tikus tertentu yang hidup di daerah pedesaan, hutan, ladang dan peternakan. Hantavirus pun termasuk zoononis dan dapat menyebabkan beragam sindrom penyakit pada orang di seluruh dunia, dapat menyebabkan penyakit virus hanta pada manusia.

Di Amerika sendiri, virus hanta ini dikenal sebagai “New World” dan disebutkan sebagai dalang, atau penyebab penyakit hantavirus pulmonary syndrome (HPS).

tikus

Hanta virus ini sebetulnya bukan pendatang baru di dunia virus, sebelumnya memang sudah ada virus hanta lama “Old World”, yang kasusnya banyak ditemukan di Eropa dan Asia. Virus hanta lama inilah yang menyebabkan hemorrhagic fever with renal syndrome (HFRS), atau demam berdarah dengan sindrom ginjal.

Gejala awal saat terinfeksi ialah tubuh merasa kelelahan. Lanjut timbul demam dan sakit atau nyeri di bagian otot tubuh. Rasa nyeri di otot ini, terasa terutama di bagian kelompok otot-otot besar.

Contohnya otot di bagian paha, pinggang, punggung, dan bisa juga terkadang di bagian bahu. Inilah yang bisa dibilang sebagai gejala-gejala umumnya.

Namun di beberapa kasus, tidak tertutup kemungkinan untuk timbul juga rasa sakit di kepala, pusing, keringat dingin dan sakit di bagian perut, seperti mual, muntah, diare, hingga sakit perut. Faktanya, setengah dari pasien Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) mengalami gejala ini.

Apa sebetulnya yang dimaksud dengan virus hanta ini? Seperti dikutip dari situs resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), setiap serotipe virus hanta diketahui mempunyai spesies inang hewan pengerat yang spesifik.

Contohnya, pembawa virus hanta yang menyebabkan hantavirus pulmonary syndrome (HPS) adalah tikus jenis deer mouse yang menyebarkan virus sin nombre.

Virus ini kemudian ditularkan kepada manusia, melalui aerosol yang terdapat padaa air urin, kotoran tinja, dan air liur tikus itu sendiri. Selain itu, bisa juga dengan kontak gigitan langsung dari tikus, inang yang terinfeksi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini