Kemenparekraf Ajak Jaringan Hotel Bantu Perangi COVID-19, Ini Syaratnya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 15:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 28 406 2190439 kemenparekraf-ajak-jaringan-hotel-bantu-perangi-covid-19-ini-syaratnya-VLGvXiCYpI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara resmi memberikan 1.100 kamar hotel gratis untuk tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit penanganan COVID-19. Pernyataan ini disampaikan langsung Menparekraf Wishnutama Kusubandio.

Dalam keterangannya juga, Kemenparekraf membuka pintu kerjasama sebesar-besarnya untuk jaringan hotel yang ingin ikut berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19 ini. Menurutnya, upaya kerjasama ini diperlukan agar masalah wabah ini dapat diatasi bersama.

"Kemenparekraf sangat terbuka bagi jaringan hotel lain yang ingin ikut bekerja sama, tentunya yang dapat memenuhi prosedur yang harus dipenuhi," terangnya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

hotel

Persyaratan yang diminta Kemenparekraf antara lain hotel berada di sekitar rumah sakit rujukan serta pihak hotel tidak melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan selama kondisi pandemi covid 19 masih berlangsung.

Dalam pernyataan resminya, Menparekraf Wishnutama juga menjelaskan, ada skema yang harus dilakukan pihak hotel sebelum akhirnya menerima tenaga kesehatan menginap di hotelnya.

Yaitu disediakan penyemprotan desinfektan secara rutin terutama di pintu masuk hotel, kegiatan sanitasi, pengaturan pysical distancing di seluruh area hotel termasuk penggunaan lift, meminimalisir interaksi pelayan secara langsung, dan langkah lain yang telah direkomendasikan Kemenkes.

"Seluruh tenaga medis yang akan menginap akan melewati beberapa tahap antisipasi seperti cek suhu badan, semprot desinfektan, dan pemakaian alat pelindung diri," terang Menparekraf Wishnutama.

Selain itu, untuk pihak hotel juga harus melakukan SOP khusus dalam menjalankan tugas sehari-hari, baik di departemen yang bertemu langsung atau yang tidak langsung termasuk penyediaan makanan, housekeeping, laundry, dan lainnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini