nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenparekraf Siapkan 1.100 Kamar Hotel Gratis untuk Tenaga Kesehatan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 28 481 2190433 kemenparekraf-siapkan-1-100-kamar-hotel-gratis-untuk-tenaga-kesehatan-r4PDE0rR3H.jpg Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio. (Foto: Instagram)

PEMERINTAH terus berupa menjaga kestabilan di saat pandemi virus corona COVID-19. Selain menyediakan alat pelindung diri, obat-obatan, dan penyediaan fasilitas kesehatan, bidang pariwisata pun ikut terlibat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manparekraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan, pihaknya memberikan layanan hotel gratis untuk 1.100 tenaga kesehatan dan Gugus Tugas.

Hotel yang dipilih merupakan jaringan hotel Accor Group yang lokasinya berdekatan dengan RSCM, RSPAD Gatot Soebroto, RS Sulianti Saroso, dan RS Pusat Persahabatan.

 RS Sulianti Saroso, dan RS Pusat Persahabatan.

"Jaringan hotel ini dipilih dimaksudkan agar mereka (tenaga kesehatan dan gugus tugas) lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani kasus COVID-19. Ini jadi langkah awal," kata Menparekraf Wishnutama di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Kamar yang disediakan Kemenparekraf digunakan untuk mengakomodasi 1.100 tenaga medis dengan skema berbagai tipe kamar, dalam hal ini Kemenparekraf membiayai 'cost' pelaksaan dengan harga di bawah pasar.

Ia melanjutkan, dalam kerja sama ini hotel yang dipilih harus dapat mengikuti SOP yang berkaitan dengan pelayanan tamu, sesuai ketetapan Kementerian Kesehatan dalam rangka penanganan COVID-19.

Nantinya, akan disediakan penyemprotan desinfektan secara rutin terutama di pintu masuk hotel, kegiatan sanitasi, pengaturan pysical distancing di seluruh area hotel termasuk penggunaan lift, meminimalisir interaksi pelayan secara langsung, dan langkah lain yang telah direkomendasikan Kemenkes.

"Seluruh tenaga medis yang akan menginap akan melewati beberapa tahap antisipasi seperti cek suhu badan, semprot desinfektan, dan pemakaian alat pelindung diri," terang Menparekraf Wishnutama.

Selain itu, untuk pihak hotel juga harus melakukan SOP khusus dalam menjalankan tugas sehari-hari, baik di departemen yang bertemu langsung atau yang tidak langsung termasuk penyediaan makanan, housekeeping, laundry, dan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini