Tubuh Terasa Lelah saat Bangun? Menelepon Sebelum Tidur Bisa Jadi Penyebab

Sabtu 28 Maret 2020 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 28 612 2190231 tubuh-terasa-lelah-saat-bangun-menelepon-sebelum-tidur-bisa-jadi-penyebab-kfdY3b0Zen.jpg ilustrasi: freepik

SETELAH melakukan aktivitas seharian, tubuh kita membutuhkan tidur hal ini untuk menghilangkan rasa lelah, letih atau capek ketika bangun. Namun terkadang kita sering merasa lelah meski telah tidur yang cukup saat malam hari.

Ada banyak hal yang membuat kita tetap merasa lelah meski telah tidur cukup semalam penuh. Berikut penyebab Anda merasa lelah saat bangun tidur menurut ISleep Spesialis Dr Aparna Gupita yang dilansir dari laman Thehealthsite  beberapa waktu lalu.

Menelepon sebelum tidur

Cahaya dari telepon genggam Anda dapat mengganggu kemampuan otak untuk menghasilkan melatonin yang memproduksi tidur. Akibatnya Anda akan berjuang keras untuk tertidur.

Menonton TV sebelum tidur

Anda tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik jika menonton TV sebelum tidur. Gairah kognitif pra-tidur mengganggu transisi alami tubuh untuk tidur dan waktu yang dibutuhkan untuk sepenuhnya

Minum kopi di malam hari

Kafein adalah stimulan yang bisa menyulitkan Anda untuk tertidur. Karena kafein juga memiliki efek diuretik, mungkin Anda akan terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

Grinding gigi saat tidur

Menggrinding atau menggiling gigi mungkin bisa mengganggu kualitas tidur Anda dengan menghalangi saluran napas. Hal ini dapat mencegah Anda mendapatkan cukup oksigen, sehingga membuat Anda terbangun di malam hari.

Anda berolahraga sebelum tidur

Berolahraga 2 atau 3 jam sebelum tidur bisa benar-benar mengacaukan siklus tidur Anda. Hal ini dapat meningkatkan kortisol dan mengurangi melatonin sehingga membuat Anda berjuang keras untuk tertidur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini