nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Cara Menyenangkan Usir Rasa Jenuh saat WFH

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 14:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 29 196 2190743 sederet-cara-menyenangkan-usir-rasa-jenuh-saat-wfh-Jc06m8cFrm.jpg Ilustrasi. (Foto: Maidparade)

SUDAH dua pekan, masyarakat Indonesia, terutama penduduk Jakarta, telah menerapkan isolasi mandiri di rumah, dengan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Tentu rasa jenih dan bosan tak dapat dielakkan.

Apalagi bagi seseorang yang bekerja mobile dan rutin beraktivitas di luar rumah seakan tak sanggup untuk berdiam di rumah aja. Tapi apa boleh buat, semua dilakukan tentu demi kebaikan yakni memutus rantai penyebaran virus corona atau COVID-19.

bersih

Tahu enggak, Okezoners? Jika rasa bosan dan jenuh ini tak dikelola secara baik, bisa membuat Anda stres loh!

Belum lagi psikomatik yang bisa dialami, alias gangguan kesehatan psikis bisa sangat mempengaruhi kesehatan fisik. Karena stres, maka menjadi cemas, takut, khawatir, bahkan sampai sesak napas atau susah tidur.

Namun saat isolasi diri di rumah, bukan berarti Anda tak bisa melakukan banyak hal. Di rumah bukan berarti tidak produktif, seperti diterangkan Prof dr Pumawan, MPh, PhD, selaku Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, sebetulnya banyak kegiatan sederhana dan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengusir kebosanan saat isolasi diri.

“Bertindak positif, banyak hal di rumah yang bisa dilakukan. Contoh, orangtua bisa menemani anak belajar atau kita bisa berkebun menanam tanaman di rumah atau pekarangan," kata Prof Puwaman, dalam konferensi pers daring “Mengatasi Kebosanan dan Mengelola Stress Disaat Physical Distancing dan Isolasi Mandiri” di Gedung BNPB, Minggu (29/3/2020).

Momen ini, sambung Prof Puwaman, juga dapat menjadi kesempatan juga untuk memulai usaha online. "Contohnya usaha bikin masker dari kain itu sebenarnya cukup, karena COVID-19 ini menular bukan dari udara tapi dari droplet," terangnya.

Buat Anda yang rumahnya tidak memungkinkan untuk berkebun, atau kurang sreg untuk memulai usaha online, juga masih ada alternatif kegiatan positif menyenangkan dan sederhana. Misalnya adalah melakukan olahraga simpel untuk menambah imunitas tubuh.

“Pokoknya kita aktif dan produktif, bisa loh bersihin rumah mungkin selama ini karena kerja jadi jarang bersih-bersih rumah. Olahraga bisa yoga, plank, pilates, yang bisa dilakukan saja setiap hari rutin selama 30 menit. Berjemur juga, jam 10 sampai 3 sore cukup 15 menit untuk meningkatkan imunitas tubuh kita,” pungkas Prof Puwaman.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini