Waspadai, Bahaya Keseringan Semprotkan Disinfektan ke Tubuh

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 00:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 29 481 2190837 waspadai-bahaya-keseringan-semprotkan-disinfektan-ke-tubuh-2W1N9APLuj.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

SITUASI pandemi corona memang membuat masyarakat menjadi gelisah, cemas dan takut, bahkan mungkin hingga berlebihan. Berlebihan dalam arti yang tidak tepat, misalnya saja dalam penggunaan disinfektan.

Jangan heran, saking takutnya dengan ancaman virus corona, maka ada beberapa orang secara ekstrem memilih menyemprotkan disinfektan ke tubuh. Pastinya sangat berbahaya buat kesehatan loh!

iritasi

Disinfektan sendiri, seperti dijelaskan dalam Guidance Notes on Safe Use of Chemical Disinfectan dari Occupational Safety and Health Branch Labour Department Hong Kong, memiliki tiga level. Yakni rendah, medium atau intermediate, dan level tinggi sesuai dengan keefektifan dari disinfektan itu sendiri.

Sementara, penggunaan disinfektan apalagi untuk penggunaan pribadi di rumah, harus sangat hati-hati. Produk disinfektan kimia akan menjadi alat yang efektif dan aman bila digunakan dengan benar.

Sebelum memakai produk disinfektan, pastikan dulu kita melihat tiga hal utama. Antara lain daftar kandungan bahan, lembar data keamanan produk atau safety data sheet (SDS), serta instruksi penggunaan dan keamanan yang terdapat pada kemasan produk.

Lalu amankah disinfektan disemprotkan langsung ke tubuh, misalnya ketika kita baru tiba di rumah setelah beraktivitas di luar rumah?Sebagaimana diwarta Vox, Senin (30/3/2020) jawabannya adalah tidak.

Karena ini adalah ide yang buruk, sebab produk disinfektan contohnya Lysol, penggunannya bukan diperuntukkan untuk disinfektan kulit. Sebab, disebutkan yang namanya produk disinfektan itu berbahaya ketika terhirup, tertelan, atau bahkan jika bersentuhan dengan mata dan kulit.

Sama halnya dengan Lysol, jika produk disinfektan yang digunakan mengandung hydrogen peroxide, maka tidak boleh dicampur bersama cuka. Sebab kombinasi ini bisa menciptakan asam korosif yang dapat mengakibatkan iritasi parah pada mata, kulit, dan sistem pernapasan.

Saking semangatnya seseorang pun membuat disinfektan sendiri di rumah. Lalu digunakan tak hanya untuk menyemprot benda, melainkan menyemprotkan ke tubuh. Tentu cara ini salah ya, karena disinfektan seharusnya adalah hanya disemprotkan ke benda, lantai atau tembok rumah agar mematikan segala jenis virus, kuman, juga bakteri.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini