Via Vallen Membuat Disinfektan Sendiri, Seperti Apa Ya Caranya?

Restu Prihargayu, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 29 481 2190878 via-vallen-membuat-disinfektan-sendiri-seperti-apa-ya-caranya-XqrLSwhSJB.jpg Via Vallen. (Foto: Instagram/@viavallen)

WABAH virus corona COVID-19 yang semakin meluas di Indonesia membuat banyak orang memutuskan bekerja di rumah. Penyanyi dangdut, Via Vallen pun salah satunya.

Pedangdut asal Surabaya tersebut mengajak seluruh anggota keluarganya untuk suntik vaksin dan vitamin demi melawan corona atau COVID-19, pada Senin 23 Maret 2020 lalu. Lalu kali ini Via Vallen mengajak followers Instagram-nya untuk membuat disinfeksan sendiri.

Via Vallen sengaja membuat disinfektan untuk mengisi waktu luangnya dan ingin menjaga rumahnya supaya terhindar dari virus corona. Berikut unggahan video Via Vallen di Instagram TV miliknya @viavallen.

via

Via Vallen juga membuat video ini dengan melihat referensi dari berbagai sumber terlebih dahulu. Dia tak sembarangan meski membuat disinfektan sendiri di rumah

"Cara membuat disinfektan sendiri, dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Untuk mengisi kekosongan selagi #dirumahaja, salah satunya aku bisa bikin disinfeksan sendiri yang referensinya aku dapet dari dokter dan sumber-sumber terpercaya lainnya," tuturnya.

Di samping irit, kata Via Vallen, disinfektan buatan sendiri tentunya bisa membuat rumah terbebas dari virus maupun bakteri. Ia pun menyarankan followers-nya untuk membuat di rumah masing-masing.

“Selamat mencoba teman-teman," tambahnya.

Via Vallen menggunakan bahan alami saat membuat disinfektan. Ia menggunakan cairan pemutih pakaian dicampur dengan karbol dan air.

Alhasil, unggahan tersebut mendapat beragam tanggapan dari warganet. Ada yang memuji, ada juga yang mengeluhkan jika pemutih saat ini sulit dijumpai dan harganya jadi lebih mahal. Ada pula yang memberi tambahan keterangan dari unggahan Via Vallen tersebut.

Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Joddy Arya Laksmono membenarkan bahwa cairan disinfektan bisa dibuat dengan campuran cairan pemutih pakaian atau pembersih lantai.

"Berdasarkan anjuran dari WHO, bahwa bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai desinfektan adalah etanol dan sodium hipoklorit (pemutih). Kebanyakan larutan bahan pemutih rumah tangga mengandung 5 persen sodium hipoklorit (50.000 bpja klorin)," kata Joddy.

Joddy menyebutkan, cairan pemutih pakaian merupakan bahan yang paling kuat dan efektif. Akan tetapi, bahan ini mudah dinonaktifkan jika terdapat bahan organik. Jadi jangan sembarangan menyemprot ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini