nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikut Lawan Corona COVID-19, Desainer Muda Bahu-membahu Bikin APD Gratis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 20:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 30 194 2191451 ikut-lawan-corona-covid-19-desainer-muda-bahu-membahu-bikin-apd-gratis-CVv3sIHOrT.jpg Ilustrasi. (Foto: Thebalance)

SETELAH Anne Avantie, kini giliran para desainer muda asal Jawa Timur, turun tangan membantu para petugas medis, dalam menanggulangi pandemi virus corona (COVID-19). Ada sekira 12 desainer yang siap menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis.

APD buatan desainer muda Jawa Timur itu secara cuma-cuma akan diberikan kepada rumah sakit dan tenaga medis yang membutuhkan. Gerakan sosial ini pertama kali diinisiasi oleh Womenpreneur, bekerja sama dengan Fashion Desiner Jawa Timur, dan JCI Jawa Timur Ladies.

desainer

Founder Womenpreneur Indonesia Margaret Srijaya mengatakan, awal mula diadakannya gerakan ini, tidak terlepas dari kondisi tenaga medis di Indonesia, yang saat ini tengah kekurangan APD. Sebagai garda depan, alat tersebut memang sangat diperlukan dokter dan petugas medis lainnya, untuk melindungi mereka dari paparan virus corona.

"Oleh karena itu, kami ingin mengajak para wanita Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam situasi ini. Bersama-sama kita bahu-membahu untuk membantu rekan-rekan kita di garda depan. Semoga dengan membantu membuat APD, teman-teman medis mendapatkan suntikan semangat dari kita semua," ujarnya kepada Okezone melalui pesan singkat, Senin (30/3/2020).

Lebih lanjut Margaret menjelaskan, ke-12 desainer yang berdomisili di Surabaya dan Sidoarjo itu, nantinya akan memproduksi APD masing-masing dengan membeli bahan khusus dari hasil donasi masyarakat. Bahan-bahan yang digunakan tentu sudah memenuhi standar medis, sehingga dapat membantu para dokter menanggulangi wabah COVID-19.

Sementara untuk proses produksinya sendiri, seluruh desainer dilaporkan akan melakukannya secara manual. "Kebetulan teman-teman desainer dengan sukarela meminjamkan para penjahitnya untuk bersama-sama memproduksi APD," ungkap Margaret.

apd

Saat ini, Margaret menegaskan bahwa timnya telah menargetkan untuk memproduksi sekira 1.000 APD dalam kurun waktu dua minggu.

"Gerakan ini berlangsung hingga target terpenuhi dan jika teman-teman medis dirasa sudah terpenuhi kebutuhannya," kata dia.

Adapun ke-12 desainer yang bergabung dalam gerakan sosial ini antara lain Dhea Lubis, Karia Jasmina, Livia & Lydia Siantar, Vania Justine, Xiao Fen, Lea Indradi, Caroline Sasongko, Harumi Davira, Yenny Widjanarko, Diana Olivia, Evie Irawan, dan Margaretha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini