Donald Trump Tegaskan Harry-Meghan Markle Harus Bayar Sendiri Biaya Pengamanan di AS

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 196 2191229 donald-trump-tegaskan-harry-meghan-markle-harus-bayar-sendiri-biaya-pengamanan-di-as-LT7OoDoJvO.jpg Meghan Markle dan Pangeran Harry (Foto : Thesun)

Berhubungan dekat dengan Inggris, baik secara hubungan diplomatis antar kedua negara ataupun pribadi dengan Ratu Elizabeth II. Tidak membuat Presiden Amerika, Donald Trump mau menanggung salah satu biaya hidup cucu dan cucu menantu Ratu Elizabeth II, Harry dan Meghan Markle.

Meskipun sudah memutuskan hidup mandiri tak lagi di lingkup kerajaan Inggris. Namun Harry, Meghan dan sang putra, Archie sebagai anggota keluarga kerajaan Inggris masih membutuhkan jasa pengamanan ekstra di manapun mereka berada.

Termasuk ketika pasangan suami-istri ini memutuskan untuk pindah dari Kanada untuk bermukim di Amerika. Melalui akun Twitter resminya, seperti dikutip Thesun, Senin (30/3/2020) Donald Trump mengatakan bahwa pemerintah Amerika tidak akan membayar salah satu biaya pengeluaran rumah tangga Meghan dan Harry, yakni biaya jasa pengamanan untuk para pengawal dan aparat keamanan lainnya.

Meghan Markle

Dalam cuitannya yang diunggah pada Minggu waktu setempat, ayah dari Ivanka Trump tersebut secara tegas menolak untuk mendanai biaya jasa keamanan keluarga kecil Harry, yang disebutkan mencapai nilai 20juta Pound Sterling atau kurang lebih Rp405milyar tersebut.

“Saya berteman baik dan mengagumi sosok Ratu dan Inggris. Telah dilaporkan bahwa Meghan dan Harry telah meninggalkan Inggris dan akan menetap permanen di Kanada. Kini mereka telah meninggalkan Kanada untuk pindah ke Amerika, tapi Amerika tidak akan membayar biaya keamanan mereka. Mereka harus bayar sendiri,” bunyi cuitan Donald Trump.

Merespon pernyataan sang Presiden, pihak Meghan dan Harry mengatakan bahwa Duke dan Duchess of Sussex tersebut tidak memiliki rencana untuk meminta pemerintah Amerika mendanai biaya jasa pengawalan keamanan keluarga mereka.

“Pendanaan secara pribadi untuk keamanan ini telah dibuat,” bunyi pernyataan dari pihak Meghan dan Harry.

Meghan, Harry serta Archie sendiri disebutkan terbang pindah dari Kanada ke Amerika di tengah pandemi virus corona COVID-19, dengan menggunakan pesawat jet pribadi sebelum perbatasan Kanada dan Amerika ditutup.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini