nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Mulai Bosan di Rumah, Coba Belajar lewat Video Cerita Rakyat

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 21:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 30 196 2191480 anak-mulai-bosan-di-rumah-coba-belajar-lewat-video-cerita-rakyat-vhKbmMdy3y.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUKAN hanya orangtuanya saja yang Work From Home (WFH), anak-anak juga melakukan School From Home. Setidaknya lebih dari dua pekan anak-anak belajar di rumah demi mencegah penyebaran virus corona COVID-19, secara physical distancing.

Tentunya anak-anak cenderung lebih mudah bosan karena kesehariannya hanya berkutat di dalam rumah saja. Sementara mereka sebelumnya pasti melakukan aktivitas di sekolah, bermain dengan teman sebayanya, juga pergi les matematika, juga bahasa asing.

anak

Dilansir Okezone dari Time, langkah pertama yang bisa dilakukan agar anak tak jenuh belajar adalah membuat jadwal. Jadwal itu tentunya sama seperti di sekolah. Perhatikan pula detail-detail kecil seperti waktu istirahat, makan siang, dan kapan waktu yang tepat untuk memulai pelajaran.

Setelah makan siang, karena berada di rumah, orangtua harus menyuruh anak-anak tidur siang. Baru setelah itu perbolehkan anak bermain atau menonton televisi.

Meski belajar di rumah, tetap libatkan anak-anak, jangan sampai Anda lupa diri. Dalam artian Anda tidak boleh terlalu menggurui, karena anak-anak justru lebih malas belajar.

Selama belajar di rumah, orangtua dapat mendampingi anak-anaknya agar tak bosan belajar. Misalnya Anda dapat menggunakan tutorial belajar di rumah yang dapat diakses lewat daring.

Misalnya saja bila anak-anak ingin belajar Bahasa Inggris dengan cara menyenangkan. Orangtua bisa mencari video animasi tentang cerita rakyat Indonesia atau latihan Bahasa Inggris lainnya.

Sementara itu, Director Corporate Affairs EF English First Juli Simatupang menambahkan, kondisi ini diharapkan tidak sampai mematahkan semangat belajar siswa-siswi. Meski di rumah bukan berarti anak-anak jadi malas-malasan belajar atau malah jenuh.

"Karena pendidikan untuk mereka tetap menjadi prioritas utama yang harus kita perhatikan bersama," ucapnya lewat keterangan tertulis yang diterima Okezone.

Juli menambahkan, meskipun belajar dari rumah, jika caranya dibuat berbeda dan menyenangkan, pastinya anak-anak tetap dapat merasakan pengalaman belajar seperti sedang berada di ruang kelas.

Orangtua pun tak perlu khawatir karena Anda dapat mendampingi mereka di sela WFH.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini