nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Membeli Makanan saat Pandemi COVID-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 11:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 30 298 2191008 tips-membeli-makanan-saat-pandemi-covid-19-JqTVkYSKbf.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Makanan tidak bisa menyebarkan virus corona COVID-19. Pernyataan ini disampaikan Profesor dan Spesialis Keamanan Makanan dari North Carolina State University Benjamin Chapman.

Hal tersebut berdasar dari faktor biologis virus, kebiasaan bersih masyarakat yang semakin tinggi, dan juga faktor tubuh manusia itu sendiri. Sehingga, kecil kemungkinan virus corona COVID-19 dapat menyebar lewat makanan.

Meski begitu, waspada boleh-boleh saja. Karena itu, Chapman coba memberikan panduan pada Anda yang ingin membeli makanan dari luar. Saran ini penting untuk diketahui sebagai kewaspadaan sekaligus menjadi kebiasaan bersih kita semua.

So, apa tips membeli makanan supaya tidak membuat Anda terinfeksi COVID-19?

Jika Anda membeli buah atau sayuran di toko atau pasar, jangan pernah malas untuk mencucinya dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang mungkin saja menempel di sana. Beberapa saran menyatakan tambahkan sedikit anti bakteri di air yang Anda gunakan untuk mencuci buah dan sayur.

Makanan

Chapman menegaskan, Anda tidak perlu menggunakan sabun untuk mencuci buah dan syauran. "Sabun itu diciptakan untuk kulit manusia, bukan untuk makanan. Jadi, jangan pakai sabun untuk mencuci buah dan sayur," tegasnya pada Live Science.

Kalau Anda punya kekhawatiran berlebih pada kemasan makanan, tidak ada salahnya setelah Anda memegang kemasan untuk segera cuci tangan dengan air dan sabun.

Kemudian, jika kekhawatiran Anda sangat tinggi, Anda bisa memanaskan buah dan sayur di suhu air 65 derajat celsius selama 3 menit. Upaya ini menurut Chapman secara signifikan akan mengurangi kadar partikel virus yang ada di buah dan sayuran.

Lalu, apa jadinya kalau Anda makan langsung di restoran? Apakah ada trik khusus yang bisa dilakukan agar Anda aman dari paparan COVID-19?

Chapman menjelaskan, makanan yang disajikan restoran sangat rendah risiko paparan virus. Sebab, setiap restoran sudah menerapkan standar kebersihan dan keamanan pangan yang baik.

Tapi, ya, kalau Anda tetap ingin waspada, jangan ragu untuk mencuci tangan sebelum makan. Jangan sekadar membasahi tangan dengan air.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini