nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Berjemur

Agustina Wulandari , Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 16:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 30 481 2191309 5-aktivitas-seru-yang-bisa-kamu-lakukan-sambil-berjemur-xf8DI86nBO.jpeg Berjemur Sinar Matahari Pagi (Foto: Shutterstock)

Upaya memutus rantai rantai pandemi Covid-19 terus dilakukan oleh Pemerintah, salah satunya adalah dengan mengimbau masyarakat agar berdiam di rumah atau #stayathome.

Meski melakukan aktivitas di rumah, bukan berarti tidak ada kegiatan yang dilakukan, berjemur matahari di pagi hari adalah kegiatan yang dianjurkan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh atau imunitas yang tinggi dapat menjadi penangkal virus corona atau Covid-19.

Namun, sebaiknya kenali waktu yang tepat saat berjemur pagi hari agar mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh. Kebanyakan mengira bahwa berjemur dilakukan pada pukul 07.00 pagi, namun sebenarnya waktu yang tepat dilakukan adalah pukul 10.00 pagi. Seperti yang diungkapkan oleh spesial kulit dr. Indah Widyasari, SpKK, waktu ideal yang disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari adalah sekitar pukul 10.00 pagi.

Menurutnya, waktu tersebut memiliki intensitas sinar UVB yang sangat tinggi sehingga baik untuk tubuh. Waktu yang dibutuhkan untuk berjemur pun tak perlu lama-lama, cukup luangkan waktu 15-20 menit saja untuk berjemur.

Selama waktu tersebut, kamu tak perlu bosan hanya berdiam diri saat berjemur matahari. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan sambil berjemur :

1. Mengobrol bersama Keluarga

Berjemur bisa dilakukan bersama keluarga, seperti keluarga para artis yang menghabiskan waktu berjemur mereka sambil mengobrol bersama keluarga, tentunya tetap menjaga jarak antar mereka. Piknik bersama keluarga di halaman rumah pun bisa jadi pilihan aktivitas yang seru sambil berjemur. Selain menyehatkan tubuh, keakraban sesama anggota keluarga pun tetap terjaga. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga pun merasakan manfaat dari berjemur.

2. Olahraga

Sambil berjemur matahari, kamu pun bisa melakukan olahraga ringan, seperti stretching, bermain skipping atau pun lari-lari kecil di tempat. Selain itu, kamu pun bisa juga melakukan gerakan yoga atau fun zumba. Ditambah alunan musik favorit, dijamin deh, setelah itu tubuh kamu jadi lebih segar dan sehat.

3. Membaca Buku

Berjemur tanpa melakukan aktivitas pasti akan membosankan. Makanya supaya gak bosan, bisa disi dengan membaca buku koleksi yang ada. Dengan membaca buku dapat menambah pengetahuan, mengasah imajinasi, dan tentunya aktivitas berjemur jadi lebih produktif.

4. Berkebun – Bercocok tanam

Jika ada tanaman di pekarangan rumah jangan dicuekin, saat berjemur bisa sambil menyiram dan merawat tanaman yang ada di pekarangan rumah. Bercocok tanam pun bisa jadi aktivitas seru sambil berjemur, sekaligus bisa jadi hobi baru yang bermanfaat.

5. Conference Call / Video Call dengan Kerabat

Mengobrol dengan teman, sharing tentang kegiatan masing-masing atau saling tukar pikiran mungkin sudah jarang dilakukan sejak berdiam di rumah. Sementara kita sebagai makhluk sosial tetap perlu berinteraksi dengan teman, kerabat, atapun saudara. Saat berjemur bisa dimanfaatkan untuk video call atau conference call bersama mereka, sekedar mengobrol topik-topik ringan yang tentunya saling memberi motivasi dalam situasi sulit seperti sekarang ini.

Nah, diam di rumah dan berjemur akan selalu jadi mengasyikkan jika kita tahu cara memanfaatkannya agar tidak bosan. Yang terpenting, mencegah virus harus tetap dilakukan di rumah, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan kurangi berkumpul di luar rumah. Kalaupun harus ke luar rumah tetap gunakan masker dan membawa hand sanitizer. Percaya, bersama kita mampu memutus rantai penyebaran Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini