nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1.414 Positif, Jubir COVID-19 Ingatkan Cara Pencegahan Virus Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 17:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 30 481 2191359 1-414-positif-jubir-covid-19-ingatkan-cara-pencegahan-virus-corona-HTxQydZUhL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

IMBAUAN untuk melakukan physical distancing dan isolasi diri di rumah nampak telah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana pemerintah. Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

Melalui siaran langsung BNPB TV, Senin (30/3/2020), Yuri menjelaskan, partisipasi pemerintah dan masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19 telah meningkat dengan pesat. Tidak hanya dari segi kepatuhan, namun masyarakat bersikap proaktif dalam membantu pemerintah pusat.

yuri

“Masyarakat disiplin dalam melaksanakan anjuran-anjuran yang telah diberikan oleh pemerintah namun secara proaktif melakukan kegiatan dalam menggalang donasi serta menyumbangkan waktu dan tenaga untuk saling melindungi,” terang Yuri.

Mengingat penambahan jumlah pasien positif COVID-19 yang terhitung sejak 29 Maret hingga 30 Maret 2020, terus bertambah secara signifikan, maka semua masih diminta untuk melakukan physical distancing.

corona

“Penambahan pasien positif corona bertambah 129 orang menjadi total 1.414 kasus. Pasien sembuh bertambah 11 orang menjadi total 75 orang. Sementara angka kematian bertambah menjadi delapan orang sehingga total menjadi 122 orang,” ungkapnya.

Yuri menambahkan, pemerintah juga secara sungguh-sungguh menangani yang paling hulu, untuk memutus rantai penularan di masyarakat. Termasuk dengan menjaga jarak kontak fisik lebih dari satu meter.

"Hindari keramaian dan kerumunan. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sesering mungkin dilakukan, jangan sentuh wajah sebelum mencuci tangan," kata Yuri.

Kemungkinan bisa bila tak ketemu orang secara langsung, tetapi menyentuh area wajah dengan kondisi tangan kotor, menurut Yuri, dapat mengantarkan penyakit. Yuri juga meminta masyarakat untuk tetap berada dari rumah belajar, bekerja dan beribadah dengan anjuran sebaik-baiknya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini