nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan 8 Hal Ini jika Merasakan Gejala COVID-19 di Rumah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 30 481 2191403 lakukan-8-hal-ini-jika-merasakan-gejala-covid-19-di-rumah-WgMLd3bVJL.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

Selain Physical Distancing, isolasi mandiri di rumah merupakan salah kunci memutus rantai penularan virus corona COVID-19. Lalu, bagaimana jika ketika isolasi mandiri merasakan adanya gejala awal COVID-19?

Untuk mencegah penyebaran COVID-19. terlebih jika kamu merasa kurang sehat dan terdapat gejala-gejala COVID-19, lakukan protokol isolasi mandiri berikut di rumah :

Protokol Isolasi Mandiri

- Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan.

- Jika sakit (ada gejala demam, flu, dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ruang publik untuk mencegah penularan di masyarakat.

- Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik, beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19.

Protokol Isolasi Mandiri

- Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jarak 1,5 meter dari anggota keluarga.

- Tentukan pengecekan suhu harian. Amati batuk dan sesak napas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi, begitu juga tempat tidur.

- Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.

- Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan disinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (15-30 menit).

- Hubungan segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak napas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini