Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda jika Minum Teh Jahe Setiap Hari

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 612 2191218 ini-yang-terjadi-pada-tubuh-anda-jika-minum-teh-jahe-setiap-hari-wSCElbIQFU.jpg foto: ndtv

TEH jahe telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit. Meski begitu, Anda mungkin tidak menganggapnya sebagai minuman yang wajib dikonsumsi tiap hari.

Banyak orang yang minum kopi di pagi hari, tetapi tidak sedikit juga yang mengonsumsi teh. Dengan begitu, berbagai variasi teh pun bermunculan, dari teh hitam, teh hijau, hingga teh jahe. Anda juga bisa menikmati teh tersebut dalam keadaan hangat maupun dingin. Teh jahe, khususnya, memiliki rasa manis dan nikmat serta bikin napas Anda bersih. Siapa yang tidak membutuhkannya di pagi hari?

Melansir The List, Senin (30/3/2020), berikut paparan para ahli tentang apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda minum teh jahe setiap hari.

Cegah Mual pada Ibu Hamil

Teh jahe berfungsi untuk mencegah mual pada ibu hamil. Terlebih, jika Anda ingin sekali menyantap sebungkus roti panggang yang lezat, cobalah untuk minum secangkir teh jahe terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya muntah.

“Ini adalah obat rumahan yang bagus untuk wanita hamil yang mengalami morning sickness," jelas Cornel Chronicle kepada The List. "Jahe telah digunakan untuk menyembuhkan mual dari mabuk laut juga mabuk mobil. Teh jahe juga digunakan untuk meredakan mual pada pasien kemoterapi." Ya, jahe diperlengkapi dengan baik untuk memerangi semua jenis sakit perut.

Jika Anda tidak hamil tetapi menderita ketidaknyamanan saat menstruasi, teh jahe juga bisa membantu, menurut ahli gizi Katie Boyd. "Ini juga akan membantu mengatasi kembung yang mungkin Anda alami terutama pada waktu datang bulan," ungkapnya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jika Anda mencari cara alami untuk meningkatkan imunitas tubuh tetapi tidak ingin menguras kantong, cobalah untuk konsumsi teh jahe setiap hari. "Jahe memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan anti-jamur, belum lagi vitamin C," kata Saran ahli diet, Hayley Cimring.

"Ini menjadikannya obat alami yang sangat baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat," tambahnya.

Membantu Meredakan Sakit Gigi

Dokter bedah gigi, Mike Golpa mengatakan, minum teh jahe setiap hari dapat membantu mengatasi sakit gigi. "Raffinose, bahan aktif utama dalam jahe, adalah bantuan besar dalam meredakan berbagai sakit gigi," lanjut sang ahli. "Sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi dapat dikurangi dengan mengoleskan jahe, sama untuk mengurangi pembengkakan gusi."

Dia juga menyarankan agar Anda membiarkan teh jahe mendingin sebelum diminum agar tidak mengiritasi bagian yang sakit di mulut Anda.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sebagian besar orang tahu ketidaknyamanan karena makan terlalu banyak, sesuatu yang bisa terjadi pada hari Thanksgiving, hari pertandingan, atau ketika Anda keluar di restoran favorit dan berlebihan.

Tetapi jika Anda mendapati diri Anda menderita mulas lebih dari dua kali per minggu, Anda dapat membantu membuat 15 hingga 30 persen orang Amerika yang menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD), menurut Healthline.

Mengurangi Berat Badan

Menurut majalah Time, 49 persen orang Amerika berusaha menurunkan berat badan - praktis satu dari setiap dua orang - yang merupakan statistik yang cukup mengejutkan! Selain itu, mereka melakukannya dengan makan lebih sedikit, berolahraga lebih banyak, menghindari makanan cepat saji dan junk food, minum lebih banyak air, atau kombinasi keduanya.

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang ingin terlihat lebih ramping, pelatih pribadi bersertifikat Jamie Hickey merekomendasikan minum teh jahe setiap hari. "Akar jahe mengandung sifat-sifat yang dikenal sebagai jahe dan shogaol yang membantu aktivitas biologis tubuh, dengan kata lain, teh jahe dapat meningkatkan metabolisme Anda dan bekerja untuk mengurangi kadar kolesterol."

"Jika Anda menambahkan teh jahe ke dalam makanan sehari-hari Anda disertai dengan jenis kebugaran dan nutrisi yang tepat, itu bisa sangat membantu dalam mencapai tujuan Anda mengurangi berat badan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini