nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa Diliburkan karena Corona, Lakukan Ini agar Tak Bosan di Rumah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 196 2191846 siswa-diliburkan-karena-corona-lakukan-hal-ini-agar-tidak-bosan-di-rumah-y1yU2FfUie.jpeg Beraktivitas di rumah (Foto: Kredivo)

SEJAK virus corona menyebar ke sejumlah negara termasuk Indonesia, ramai orang mencari cara untuk melindungi diri agar tak terjangkit virus ini. Mulai dari memakai masker dan hand sanitizer hingga mengurangi aktivitas di luar rumah, jika tak ada keperluan yang mendesak.

Selain itu, cara lain untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan melakukan social distancing, dimana kegiatan ini diharapkan bisa menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta agar masyarakat melakukan social distance guna mencegah penularan virus corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi pada Minggu 15 Maret 2020.

Beberapa kepala daerah di pulau Jawa akhirnya berinisiatif untuk menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah selama setidaknya dua pekan, sementara beberapa universitas terkemuka menerapkan metode pembelajaran jarak jauh untuk membatasi kontak langsung menyusul wabah virus corona yang telah teridentifikasi di dalam negeri.

Alhasil, mulai dari 16 Maret hingga 29 Maret 2020, sangat dianjurkan anak-anak tidak memiliki kegiatan di luar rumah atau sangat meminimalisir kegiatan. Lalu, bagaimana nasib para orang tua yang memiliki anak? Pastinya ingin anaknya tidak ingin mendapatkan resiko terlalu besar dengan membiarkannya mempunyai kegiatan di luar rumah. Oleh karena itu, agar anak tidak bosan terus-terusan di rumah, mari simak ulasan berikut.

Mengajarkan tentang kebersihan dan kesehatan

Anak-anak yang masih di bawah umur, dimana rasa penasarannya masih tinggi pasti akan bertanya-tanya mengapa ia tidak boleh bermain keluar rumah. Sebagai orang tua, lebih baik ajarkan anak sejak dini mengenai kebersihan dan kesehatan anak agar terhindar dari virus corona. Pasalnya, virus ini tidak memandang umur, mulai dari anak kecil hingga kakek-nenek sekalipun bisa terinfeksi virus corona.

1

Oleh karena itu, ketika sangat penting untuk mengajarkan si Kecil untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ketika berada di rumah. Mulai dari mencuci tangan setiap memegang setiap benda atau hewan peliharaan, minum vitamin c setiap hari, makan makanan sehat dan bergizi hingga olahraga teratur.

Mengajarkan si Kecil juga bisa dengan cara menyenangkan, contoh mencuci tangan dengan cara menyanyi lagu favorit si Kecil dan berolahraga dengan cara senam menggunakan lagu anak-anak yang riang gembira. Dengan bermain sambil belajar seperti ini, si kecil pasti akan lebih mudah mengerti makna dari kebersihan dan kesehatan yang Anda ajarkan.

Membuat karya seni

Anak-anak mempunyai kreativitas yang sangat tinggi, bila mempunyai waktu luang seperti sekarang, jangan lupa terus diasah. Untuk meningkatkan kreativitas si Kecil, para orang tua juga bisa mengajaknya untuk membuat karya seperti gambar, membuat kue hingga DIY mainannya sendiri. Ajak anak untuk terus membuat karya seni yang berbeda setiap hari, agar kegiatan di rumah tidak membosankan.

Libatkan dalam urusan rumah tangga

Pekerjaan rumah tangga seperti memasak, menyapu rumah, mencuci piring, dan sebagainya bisa menjadi alternatif kegiatan anak di rumah. Selain anak bisa mempelajari hal baru, pekerjaan domestik juga bisa melatih kebiasaan baik untuk anak.

1

Dengan membiasakan anak mengerjakan pekerjaan domestik, ia pun secara tidak langsung bisa lebih bertanggung jawab pada kebersihan diri dan lingkungannya. Tentunya, pekerjaan domestik yang dilakukan juga harus disesuaikan dengan usia anak, ya. Jangan memaksa anak melakukan pekerjaan rumah tangga yang malah berisiko membuatnya cedera atau kelelahan berlebih.

Olahraga

1

Melakukan olahraga rutin justru dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar virus dan penyakit. Ajak anak melakukan olahraga rutin yang menyenangkan seperti senam, menari, atau pun bersepeda di lingkungan sekitar rumah. Tidak apa-apa sesekali mengajak anak jogging di luar rumah agar anak tidak merasa bosan dan terpapar vitamin D dari sinar matahari yang bagus bagi kesehatannya.

Mendekor ulang kamar anak

Agar anak lebih nyaman dan betah di rumah, tidak ada salahnya untuk mendekor ulang kamar anak sesuai dengan kemauan dan nuansa yang mereka inginkan. Anda bisa mengecat ulang kamar bersama anak atau menata ulang kamar dan memberikan furnitur tambahan seperti tenda mini untuk tempat bermain barunya.

Dikarenakan social distancing yang sudah dihimbau oleh pemerintah, bila ingin membeli furnitur sebaiknya dilakukan secara online saja. Manfaatkanlah layanan digital yang sudah memudahkan kita semua untuk memenuhi kebutuhan hanya dalam genggaman saja. Ditambah lagi sekarang kredit online dari Kredivo sudah bisa digunakan di berbagai macam e-commerce furnitur, seperti Dekoruma hingga Ikea. Ada juga beberapa e-commerce populer rekanan Kredivo yang bisa dijadikan alternatif untuk cari perabot rumah dengan harga terbaik: Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, JD.id, dsb.

Dengan bunga yang kompetitif, yaitu 2,95% per bulan, nikmati layanan kredit online dan pinjaman tunai dengan limit hingga Rp30 juta. Tenornya pun bisa dibilang panjang, yaitu mulai dari 3, 6, dan 12 bulan untuk kredit online dan 1, 3, dan 6 bulan untuk pinjaman tunai.

Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan yang bisa para orang tua lakukan untuk mengusir kebosanan anak di rumah demi menjalankan program social distancing agar tidak terpapar virus corona yang sudah masuk Indonesia saat ini.

Bagian yang paling penting adalah, agar selalu menjaga kesehatan, mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan, tidur teratur dan apabila si kecil menunjukkan gejala kesehatan tidak wajar dan tidak kunjung sembuh, jangan ragu juga untuk segera periksakan diri ke dokter ya. (cm)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini