nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hikmah Pandemi COVID-19, Keluarga Bisa Semakin Erat di Meja Makan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 05:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 31 196 2191900 hikmah-pandemi-covid-19-keluarga-bisa-semakin-erat-di-meja-makan-T0j9jKJCAV.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Gegara pandemi COVID-19, banyak hal positif yang bisa dipelajari. Salah satu yang sekarang ini banyak dirasakan beberapa keluarga adalah kebersamaan yang semakin erat.

Pandemi COVID-19 membuat Anda tak boleh keluar rumah jika dirasa tak perlu. Alhasil, banyak interaksi antar keluarga yang terjadi di dalam rumah sekarang ini, bukan begitu?

Dan hal yang bisa dirasakan dari self isolation atau social distancing sekarang adalah meja makan menjadi ramai. Bukan persoalan ramai akan makanan, tetapi saat waktu makan, semua angota keluarga berkumpul bersama. Serupa saat umat Islam buka puasa di bulan Ramadhan.

Nah, di momen seperti ini, tidak ada salahnya untuk Anda memanfaatkan momen seperti mengajak anak melakukan aktivitas bersama. Seperti yang disarankan laman Nutrition.org, jangan ragu untuk libatkan anggota keluarga saat membuat makanan yang akan dihidangkan.

Makan Keluarga

Jika keluarga Anda ada anak, maka libatkan anak misalnya dengan merapikan meja makan, bantu membuat salad atau menu makanan yang sederhana, atau memarut keju. Sebisa mungkin, gunakan momen ini untuk mempererat hubungan Anda dengan anak.

Selain itu, karena setiap anggota keluarga akan makan di dalam rumah setiap harinya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menu masakan baru.

Menu makanan yang disarankan sebisa mungkin yang 'handmade' dan bisa melibatkan anggota keluarga lain untuk membuatnya. Sebut saja membuat bakso, pizza, memanggang ayam, atau menu lainnya yang disukai anggota keluarga Anda.

Hal penting dari semua ini adalah terjadi interaksi yang intim di meja makan antara Anda, pasangan, pun anak. Usahakan momen makan bersama ini terjadi obrolan yang berkualitas sehingga akan membuat Anda dan anggota kelurga lainnya saling sayang.

Disarankan juga oleh ahli untuk tidak memperbolehkan anggota keluarga makan sambil nonton televisi. Kebiasaan ini akan menghilangkan makna dari makan bersama di meja makan. Kebiasaan itu juga akan tidak berkualitas karena fokus akan terpecah-pecah.

So, jangan jadikan pandemi COVID-19 ini selalu berakhir masalah. Jika kita bisa melihat situasi sekarang dari sisi positif, akan membuat hidup lebih bahagia dan berdampak pada kesehatan mental dan psikis. Yuk biasakan kembali makan bersama di meja makan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini