nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Psikolog Sebut Diet Medsos Kunci Bima Arya Cepat Sembuh dari Corona

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 21:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 196 2192052 psikolog-sebut-diet-medsos-kunci-bima-arya-cepat-sembuh-dari-corona-jpm2HbIXtI.jpg Bima Arya. (Foto: Okezone)

SUDAH sepekan Wali Kota Bogor Bima Arya menjalani pengobatan COVID-19 di RSUD Kota Bogor. Kabar terkini menjelaskan, dirinya membaik.

Istri Bima Arya, Yane Ardian menuturkan, kondisi suaminya terus membaik salah satunya karena tak kepo atau membaca berita tentang COVID-19.

Bima Arya juga lebih fokus pada kesehatannya. Cara ini dianggap berhasil membuat imunitas Bima Arya kian meningkat.

bima

Yane menambahkan, kestabilan pikiran memberi dampak pada kesehatan suaminya yang tengah berjuang melawan COVID-19. Makanya, sebisa mungkin dia menjaga agar pikiran suaminya itu tetap positif dan memfokuskan kesembuhan sebagai tujuan sekarang.

Mengetahui hal tersebut, Okezone coba menanyakan pada Psikolog Profesional Ade Iva Wicaksono, apakah pikiran yang positif dan mengurangi tingkat stres mampu mempercepat penyembuhan seseorang yang sedang sakit?

Dikatakan Ade, seseorang dengan kesejahteraan dan psikologis yang baik memungkinkannya lebih cepat sehat dalam masa penyembuhan. Sebab, ketika kesejahteraan dan psikologis pasien baik, dia bisa berpikir positif. Nah, pemikiran positif ini yang kemudian menuntun tubuh bisa lebih bugar, juga mendapatkan kondisi sehat yang diinginkan.

"Berpikir positif itu kalau secara kedokteran kan ngeluarin endorfin. Saat endorfin keluar, kita merasa sejahtera sehingga sikap kita jadi positif," terangnya melalui sambungan telepon, Selasa (31/3/2020).

Psikolog Ade juga meyakini bahwa Bima Arya memiliki mental yang sehat, sehingga saat dia dinyatakan positif COVID-19, dirinya tak cemas dan ketakutan berlebih. Bima Arya bersikap menerima dan mengikuti semua prosedur yang harus dia jalani.

Sikap tersebut, bagi Ade merupakan bentuk optimistic mindset. Sikap ini muncul tentunya karena mental yang sehat dan berpikiran positif.

"Saya berpikiran setelah Bima Arya dinyatakan positif COVID-19, dia menerimanya dan karena informasi dia cukup baik, teredukasi dengan baik juga, fokus sehat adalah tujuannya," tambah Ade.

Ia menambahkan, optimistic mindset bisa muncul pada orang-orang yang mau belajar. Maksudnya, orang tersebut mendapatkan masukan informasi benar yang cukup dan itu yang membuat dia tak panik atau bersikap gegabah.

"Orang yang optimistik pasti disiplin. Saya yakin Bima Arya mengikuti semua protokol yang diminta tim medis yang mengurusnya, termasuk tak sembarang pegang benda, mengonsumsi cukup makanan sehat, minum vitamin, dan tentunya berpikiran positif," terang Ade.

Sebagai tambahan, Ade menegaskan bahwa penting bagi pasien COVID-19 dan masyarakat untuk beranggapan, masalah COVID-19 ini akan selesai. Mereka yang sedang berjuang melawan penyakit ini bakal sembuh. Keyakinan ini akan membawa dampak baik bagi kesehatan mental kita semua.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini