nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Segarnya Arak Beras Jepang untuk Jaga Imunitas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 15:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 298 2191808 segarnya-arak-beras-jepang-untuk-jaga-imunitas-J891v8puPI.jpg Ilustrasi. (Foto: Onegreenplanet)

AMAZAKE, minuman fermentasi beras dari Jepang, kaya manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Minuman ini sangat mudah dicerna, bergizi, serta bebas gluten.

Pencinta amazake, Hiroshi Sugihara, seorang penjual ikan dan penggemar fermentasi asal prefektur Aichi, Jepang, kemudian pindah ke Perth, Australia, menyaksikan kebangkitan budaya fermentasi secara langsung. Menurutnya, minuman bertekstur kental ini cocok diminum saat demam, karena bisa menghangatkan tubuh.

amazake

"Saya biasa meminumnya saat saya kedinginan atau demam dan terutama ketika saya sedang tidak bernafsu makan," katanya," dilansir Okezone dari BBC Indonesia.

Amazake lebih mudah ditelan, enak, dan, berkat kekuatan enzim pemecah pati dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan. 

Amazake juga dianggap memiliki manfaat selain kesehatan, lebih tepatnya untuk kecantikan. Diakui Misaki, seorang model dan duta Spa LaQua di Tokyo, minuman ini juga digemari komunitas kecantikan di sekitarnya. 

"Kelompok vitamin B yang terkandung dalam amazake terkait dengan metabolisme karbohidrat, lipid dan protein, kulit dan rambut," katanya kepada saya melalui email.

Amazake juga mengandung bahan yang disebut ergothioneine, antioksidan yang dapat menekan penuaan kulit. 

Adam Yee, seorang ilmuwan makanan yang berbasis di Austin dan pembawa acara podcast My Food Job Rocks, sepakat bahwa mineral dan vitamin yang terkandung dalam amazake akan membantu penampilan kulit dan rambut, jika sering dikonsumsi.

Namun ia juga mengatakan bahwa kekuatan sugesti memainkan peran besar dalam menentukan nilai suatu makanan.

Bagaimanapun, ia juga menjelaskan bahwa karena amazake memiliki unsur yang masih sangat sulit untuk dipertanggungjawabkan secara ilmiah, mungkin ada beberapa kebenaran tersembunyi yang tidak diketahui dari klaim ini.

"Fermentasi adalah sesuatu yang benar-benar tidak kita ketahui," jelasnya.

"Ini tidak seperti, masukan satu hal ini dan keluarkan hal lain. Makanan sangat kompleks, koji yang memakan apa pun yang ada di sekitarnya, mungkin bisa menghasilkan sesuatu yang berbeda.

Namun amazake hampir tidak dikenali di Asia. Namun di beberapa negara seperti Amerika Serikat atau Australia, juga beberapa negara di Eropa, amazake disajikan sebagai smoothies yang dipadukan dengan buah-buahan. Atau juga amazake disajikan sebagai teman makan salad di Eropa, quinoa, roti kering dan sebagainya. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini