nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WFH, Seberapa Sering Peralatan Elektronik untuk Kerja Harus Dibersihkan?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 481 2191561 wfh-seberapa-sering-peralatan-elektronik-untuk-kerja-harus-dibersihkan-kBu3T3JUkK.jpg Ilustrasi (Foto : Mirror)

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah menjalani karantina mandiri di rumah, dan pemberlakukan WFH (work from home) pun sudah memasuki pekan ketiga.

Konsep bekerja dari rumah atau WFH ini diberlakukan untuk membantu menekan laju penularan virus corona SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19 yang tengah menjadi pandemi di dunia termasuk Indonesia.

Bekerja dari rumah mungkin dianggap sebagai momen untuk sedikit bersantai, dibandingkan rutinitas bekerja dari kantor seperti biasanya.

Eits, jangan salah! Ternyata peralatan wajib bekerja dari rumah seperti laptop, komputer, mouse, monitor yang vital ini, disebutkan jadi media sempurna untuk virus bisa menetap lama.

Bersihkan Keyboard

Merujuk pada studi awal tentang virus corona, dikatakan virus ini dapat bertahan hingga tiga hari pada permukaan seperti plastik dan stainless steel. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sendiri mendapati bahwa ada jejak COVID-19 masih ada di kapal pesiar Diamond Princess bahkan setelah 17 penumpang yang positif terinfeksi telah keluar dari kapal tersebut.

Meski virus corona SARS-CoV-2 ini ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui droplets atau percikan cairan yang keluar saat batuk atau bersin. Seperti dijelaskan Public Health England (PHE), virus juga dapat menyebar dengan cara saat orang menyentuh wajah dengan tangan yang terdapat virus. Durasi sampai berapa lama virus bertahan tergantung pada jenis permukaan, jika terkena sinar matahari, perbedaan suhu dan kelembaban dan seberapa sering virus dibersihkan.

“Anda mungkin juga dapat terinfeksi dengan menyentuh permukaan atau benda yang telah terkontaminasi oleh sekresi pernapasan dari orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata Anda sendiri. Ini berlaku di manapun lingkungan Anda berada, ”kata Dr Yimmy Chow, Konsultan Perlindungan Kesehatan di PHE.

Nah, maka dari itu, meskipun kita sudah bekerja dari rumah atau masih harus pergi bekerja. Membersihkan peralatan yang dipakai tetap wajib dilakukan, National Health Service menyarankan bersih-bersih ini dilakukan setiap hari setiap kali usai peralatan digunakan.

“Alih-alih hanya satu pekan sekali, secara teratur kita harus membersihkan segala peralatan yang sering dipakai,” saran National Health Service.

NHS juga mengingatkan, setelah usai dibersihkan semua peralatan tersebut harus benar-benar kering. Sebab jika lembap, malah jadi tempat ideal untuk berkembang-biaknya kuman.

““Pastikan mengeringkan permukaan seperti meja kerja secara menyeluruh setelah dibersihkan. Kelembapan malah membantu kuman yang tersisa untuk bertahan hidup karena jika ada cukup air, mereka bisa berkembang biak,” tambah NHS.

Membersihkan peralatan kerja, termasuk keyboard komputer ini bisa menggunakan kain sekali pakai atau jika bisa paper towel. Begitu usai dipakai untuk bersih-bersih, langsung diberi disinfektan atau dicuci dengan suhu air 60derajat celcius (jika yang dipakai adalah kain biasa yang digunakan berulang kali) setiap kali selesai dipakai untuk mengelap peralatan kerja tersebut. Demikian seperti dilansir Mirror, Selasa (31/3/2020).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini