nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berapa Lama Masa Inkubasi Virus Corona? Ini Penjelasan WHO

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 09:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 31 481 2191591 berapa-lama-masa-inkubasi-virus-corona-ini-penjelasan-who-RzqjFZ0HFt.jpg Ilustrasi (Foto : Thailandmedical)

Indonesia masih berupaya keras dalam penanganan pandemi COVID-19 yang tengah melanda dunia saat ini. Bisa dibilang untuk lingkup Asia Tenggara, Indonesia salah satu negara yang paling terdampak jika dilihat dari jumlah kasus dan angka kematian.

Mungkin masyarakat Indonesia yang jumlahnya sangat banyak, masih sebagian besar belum terlalu paham tentang virus corona SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19.

Salah satunya mengenai masa inkubasi, masa inkubasi menurut definisi resmi WHO selaku Badan Kesehatan Dunia adalah waktu di antara seseorang tertular virus hingga menunjukkan sederet gejala awal dari penyakit ini. WHO mengkategorikan gejala yang paling umum dari COVID-19 adalah demam, kelelahan, dan batuk kering.

Namun untuk beberapa orang, bisa juga gejala yang dirasakan adalah nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan mulai secara bertahap. Beberapa orang terinfeksi tetapi tidak mengembangkan gejala apa pun dan hanya merasa tidak enak badan, atau tidak merasa kalau dirinya sakit.

Thermal Gun

Kemudian sebetulnya berapa lama sih masa inkubasi COVID-19? Sejauh ini, seperti yang tertera di situs resmi WHO, perkiraan masa inkubasi untuk COVID-19 berkisar antara 1-14 hari, paling umum sekitar lima hari, artinya gejala biasanya mulai terlihat ada di hari kelima. Terkait masa inkubasi COVID-19, WHO sendiri sekarang masih terus memperbarui keterangan yang ada saat ada lebih banyak data yang masuk.

Sementara itu, penambahan jumlah pasien positif COVID-19 yang terhitung sejak 29 Maret hingga 30 Maret 2020, terus bertambah secara signifikan. Pemerintah masih terus menyerukan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak saat berinteraksi sosial dengan siapapun.

Untuk jumlah kasus COVID-19 di Indonesia sendiri, penambahan pasien positif corona bertambah 129 orang menjadi total 1.414 kasus. Pasien sembuh bertambah 11 orang menjadi total 75 orang. Sementara angka kematian bertambah menjadi delapan orang sehingga total menjadi 122 orang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini