nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Tata Cara Memakai Masker dan Melepasnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 31 481 2191601 ini-tata-cara-memakai-masker-dan-melepasnya-gNcRDdGwxk.jpg Cara memakai masker (Foto : Tech ARP)

Pandemi COVID-19 membuat semua orang di dunia, termasuk masyarakat Indonesia berlomba-lomba mengenakan masker kesehatan untuk menutupi mulut dan hidung sebagai bagian dari APD (alat pelindung diri) paling dasar.

Terkait pemakaian masker pelindung ini, namun apakah sebetulnya kita sendiri memahami betul tata cara mengenakan masker, melepas dan membuang masker tersebut setelah usai digunakan?

Sejatinya, masker pelindung ini memang tidak bisa dipakai sembarangan. Melalui situs resminya, Badan Kesehatan Dunia, WHO memaparkan tata cara dalam memakai, melepas, dan membuang masker pelindung.

Pertama untuk pemakaian, mengingat sekarang masker begitu langka memang masker ini seharusnya hanya dipakai oleh para petugas medis mulai dari dokter, suster, pengasuh pasien, petugas administrasi rumah sakit, hingga supir ambulans. Untuk individu non-medis, masker hanya digunakan orang-orang yang sakit di sistem pernapasan contohnya sedang batuk dan demam.

Infografis

Untuk memakai masker, pastikan sebelum menyentuh masker kita harus membersihkan tangan terlebih dahulu dengan air dan sabun atau air berbasis alkohol. Baru setelah itu, ambil masker dan periksa apakah ada bagian masker yang sobek atau berlubang.

Kemudian pasang masker dengan bagian tempat strip logam berada di bagian atas, dan pastikan sisi bagian masker yang berwarna yang menghadap ke luar. Ini adalah posisi yang tepat menggunakan masker.

Setelah masker dipakai di wajah, rekatkan bagian jepit strip logam atau tepi kaku masker sehingga membentuk mengikuti bentuk lekukan hidung. Tarik bagian sisi bawah masker sehingga menutupi mulut dan dagu.

Begitu selesai dipakai, lepas masker dari wajah dan lepaskan loop (tali) elastis dari belakang telinga sambil menjaga masker sejauh mungkin dari wajah dan pakaian. Hal ini bertujuan untuk menghindari sentuhan permukaan masker yang berpotensi terkontaminasi. Langsung buang masker di tempat sampah, begitu selesai dipakai.

Terakhir, setelah menyentuh atau membuang masker kita harus langsung mencuci tangan. Jika tangan terlihat kotor, langsung cuci pakai air mengalir dan sabun. Jika tak bisa menemukan air dan sabun, bersihkan tangan dengan pembersih tangan berbasis alkohol. Demikian disitat WHO, Selasa (31/3/2020).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini